Gila, Harga Telur Tembus Rp 24 Ribu

Foto: Istimewa. Telur Ayam
Foto: Istimewa. Telur Ayam
Telur Ayam. Foto: Istimewa

POJOKSATU – Akibat musim penghujan harga bahan-bahan pokok di pasar tradisonal di sejumlah daerah melonjak. Terutama harga telur ayam yang harganya tembus mencapai Rp 24 ribu.

Menurut Eko, seorang pedagang sembako di Pasar Tradisional Bekasi kenaikan harga telur ayam dipicu oleh faktor cuaca yang buruk, karena saat musim hujan produksi ternak telur akan menurun sementara tingkat permintaan akan kebutuhan telur terus bertambah.

“Sekarang harganya sudah mencapai Rp24 ribu, ya mau gimana lagi abis dari sananya naik terus,” ujar Pembeli telur Isnani kepada Gobekasi 9Grup pojoksatu.id), Rabu (14/1)

Hal serupa terjadi di Pasar Kranji Bekasi Barat, harga telur ayam di tingkat pengecer tembus di kisaran Rp 23 ribu per kilogram.


Eko mengungkapkan bahwa harga telur ayam yang semula Rp 19 ribu per kilogram naik menjadi Rp 21 ribu per kilogram dan selanjutnya bertahan di kisaran Rp 22 ribu per kilogram hingga awal Januari 2015.

Sementara itu pedagang beras, Abdul (51), menyebutkan selama beberapa hari ini beras terus mengalami kenaikan. Misalnya untuk beras lokal pera yang semula seharga Rp 7.500 naik menjadi Rp 7.700 per liter.

“Naik terus, saya nggak tau ya, padahal bensin udah turun, tapi ya mungkin karena musim hujan juga, musim paceklik, jadi ya semuanya naik,” katanya.

Harga minyak goreng curah masih relatif stabil di angka Rp 12 ribu per liter. Sedangkan harga terigu yang semula seharga Rp 6 ribu per kilogram, naik menjadi Rp 6500 per kilogramnya. Harga gula pasir juga mengalami kenaikan dari yang sebelumnya Rp 11 ribu menjadi Rp 12 ribu perkilogram. (cr19/joy/ps/zul)