Dilecehkan Iklan, Jadi Momentum Kebangkitan Bekasi

Para demonstran saat melakukan aksi demo di depan Kantor Indosat Cabang Bekasi. Foto: Go Bekasi (Grup PS)
Para demonstran saat melakukan aksi demo di depan Kantor Indosat Cabang Bekasi. Foto: Go Bekasi (Grup PS)

POJOKSATU – Hingga Rabu (14/1/2015) iklan PT Indosat Tbk ‘Liburan ke Aussie lebih mudah dibanding ke Bekasi’ masih reaksi protes dari berbagai warga Bekasi.

Berbagai reaksi atas iklan tersebut, dinilai wajar oleh Ketua Dewan Kesenian Kabupaten Bekasi, Iswandi Ichsan.

Menurutnya, kalimat dalam iklan tersebut dapat ditafsirkan negatif tentang Bekasi. Terlebih iklan berbentuk viral itu disebarkan melalui akun twitter resmi milik Indosat.

“Ada aksi, ada reaksi. Saya rasa wajar kalau masyarakat Bekasi marah,” ujarnya saat berbincang dengan Gobekasi (Grup PS), Rabu (14/1/2015)


Namun sebagai pelaku seni, lanjut dia, iklan yang membandingkan jarak ke Bekasi dengan Australia itu seharusnya menjadi momentum kebangkitan warga Bekasi dan dimaknai sebagai bahan introspeksi Pemerintah setempat.

“Ini kita jadikan pelajaran. Kenapa mereka mem-bully Bekasi. Kita harus introspeksi ke dalam dan action ke luar,” terangnya.

Diberitakan sebelumnya, Iklan viral Indosat yang di-posting pada akun Twitter resmi perusahaan, @Indosatmania, dianggap melecehkan Bekasi. Di dalam iklan itu, menuju Bekasi dianggap lebih sulit ketimbang ke Australia. Masyarakat lansung bereaksi dengan melaporkan Indosat ke polisi. Pihak Indosat meminta maaf dan mengaku iklan tersebut sudah ditarik. (dam/lya/ps)