Microsoft Siapkan Spartan untuk Browser di Windows 10

Ilustrasi
Ilustrasi
Ilustrasi

POJOKSATU – Raksasa teknologi, Microsoft berencana melakukan pembaruan pada aplikasi perambah (browser) untuk perangkat komputer, smartphone dan tablet yang menggunakan sistem operasi Windows 10. Rencana yang dicanangkan Microsoft sejak tahun 2014 itu sedang dalam proses persiapan untuk dirilis pada akhir Januari 2015 ini.

Dilansir dari The Verge, Minggu (11/1), Browser baru itu  diberi nama Spartan. Fitur yang ditawarkan Spartan antara lain perintah suara Cortana untuk navigasi.

Spartan juga memiliki sejumlah fitur yang tidak akan dimiliki pada browser pendahulunya, Internet Explorer maupun browser pesaingnya seperti Chrome dan Firefox.

Fitur Cortana yang dimiliki Spartan memungkinkan pengguna mendapatkan informasi lebih lanjut tentang informasi penerbangan, pemesanan hotel, pelacakan paket dan beberapa data lain yang dibutuhkan. Cortana juga terintegrasi dengan mesin pencari Bing.


Microsot membuat tampilan antarmuka (interface) yang simpel dan sederhana pada Spartan. Untuk versi desktop, tampilan Spartan terlihat sederhana seperti Chrome, dengan tab menu di atas kolom alamat (address bar), serta memiliki opsi untuk kembali (go back),  maju (forward), dan refresh halaman.

Sedangkan untuk perangkat smartphone dan tablet, Spartan terlihat tidak jauh berbeda dengan browser pendahulunya, Internet Explorer pada Windows Phone. Selain itu, Spartan juga memiliki menu grup yang memungkinkan pengguna aga lebih mudah mengkelompokan teman – teman dan keluarga mereka.

Spartan didukung oleh layanan penyimpanan data online Microsoft OneDrive. Dengan Microsoft OneDrive, semua data yang ada pada web browser tersebut akan disimpan dan dapat dibuka kembali di berbagai perangkat berbasis Windows.

Microsoft akan memperkenalkan serta menjelaskan secara detail sistem operasi Windows 10  dan browser terbarunya, Spartan  pada tanggal 21 Januari 2015 mendatang.(mg2/jpnn/ps)