Robot Ini Jago Bermain Poker, bahkan Negosiasi Bisnis

 

 

Ilustrasi
Ilustrasi

POJOKSATU – Teknologi terus berkembang dengan pesat. Kegiatan manusia yang semakin banyak tentunya membutuhkan teknologi tersebut dimulai dari perangkat komputer, smartphone dan sebagainya bahkan robot. Robot juga dibutuhkan manusia dalam menyelesaikan aktivitas sehari-hari.

Dilansir dari Ubergizmo, Minggu (11/1), setelah banyak robot yang diciptakan saat ini, University of Alberta yang berlokasi di Kanada menciptakan sebuah robot yang bisa memainkan game Texas Hold’Em Poker. Pada versi permainan poker yang dimainkan oleh dua orang, banyak sekali keputusan yang dibuat oleh si pemain yang berpengaruh ke hasil akhir permainan.


Namun, robot ini diciptakan dengan strategi yang sangat optimal dan bisa dikatakan sangat sulit untuk dikalahkan di dalam permainan poker. Ilmuwan komputer dari University of Alberta yang sekaligus juga memimpin tim penelitian robot ini, Michael Bowling, mengungkap bahwa strategi yang dibuat untuk robot ini adalah untuk menyelesaikan segala jenis permainan poker dengan cara matematis yang sangat sempurna.

“Dengan membuat program permainan poker yang bernama Cepheus, kami mendesain robot untuk juga bisa melakukan pekerjaan di dalam bidang keamanan internet (cybersecurity), kesehatan, dan bahkan negosiasi bisnis.” ungkap salah satu ilmuwan komputer dari Carnegie Mellon University, Sam Ganzfried yang juga menjadi programer yang mengangkat kompetisi Computer Poker di tahun 2014 lalu.

Dengan strategi Cepheus, memungkinkan robot ini meningkatkan kemampuannya setelah mengeluarkan dua kartu pertama, meskipun kemungkinan akan mengalami kerugian seperti kartu yang dikeluarkan 3 dan 7 atau 2 dan Jack. Jika para pemain game Texas Hold’Em Poker tertarik bermain poker dengan robot ini harus mempunyai strategi jitu untuk mengalahkan robot tersebut. (mg2/jpnn)