Tablet Nokia N1 Kalahkan iPad Mini

Nokia N1. Foto: Istimewa
Nokia N1. Foto: Istimewa

POJOKSATU – Tablet Android Nokia N1 yang baru saja dipasarkan ternyata mampu menembus penjualan terbanyak di Beijing, China. Seperti Xiaomi, yang menuai sukses dipasaran dengan menjual ribuan unit produk dalam waktu singkat. Brand asal Finlandia ini berhasil menjual tablet pertamanya yaitu N1 sebanyak 20 ribu unit hanya dalam waktu empat menit.

Nokia meyakini akan kembali terulang ketika waktu rilis di China yang dilakukan pada 15 Januari 2015, karena tingkat permintaan akan tablet tersebut sangatlah tinggi. Nokia N1 dibanderol dengan harga 257 USD atau setara dengan Rp 3,2juta.

Nokia N1 dibekali layar berdiagonal 7.9 inci pada resolusi 2048 x 1536 piksel, dengan IPS LCD berlapis Gorilla Glass 3, prosesor quad core Intel Atom Z3580, mesin grafis (GPU) PowerVR G6430, RAM 2GB, penyimpanan hingga 32GB serta baterai berkapasitas 5.300 mAh. Dilengkapi dengan fitur kamera sebesar 8 MP. Sistem operasi yang dijalankan Nokia N1 disebutkan Android 5.0 Lollipop, dengan Nokia Z Launcher di atasnya.

Tablet ini juga telah berhasil mengalahkan angka benchmark dari iPad Mini 3 di aplikasi AnTuTu. Nokia N1 berhasil mencapai skor 45.121, sedangkan iPad Mini 3 hanya memperoleh 28.446.


Dengan spesifikasi yang sangat menarik dan harga yang cukup terjangkau, tablet Nokia N1 ini diminati oleh lebih dari setengah juta konsumen atau lebih tepatnya sebanyak 566.438 orang yang ingin membeli tablet tersebut secara online. Sayangnya, pada sesi penjualan pertamanya, tablet ini hanya tersedia sebanyak 20 ribu unit.

Itu merupakan angka penjualan yang cukup fantastis, banyak analis memperkirakan bahwa Nokia memiliki teknik marketing yang terinspirasi oleh Xiaomi. Sayangnya, tidak dijelaskan sistem flash cell yang diterapkan oleh Nokia, meski banyak yang memperkirakan sistem penjualan dilakukan secara online. (zul)