Februari, Harga Baru BBM Diumumkan

BBM jenis pertamax turun
BBM jenis pertamax turun
BBM jenis pertamax turun

POJOKSATU – Kendati harga bahan bakar minyak (BBM) diepas sesuai dengan mekanisme pasar, pemerintah tetap melakukan pengawasan dan evaluasi. Karena itu, pemerintah akan menetapkan harga baru BBM jenis premium dan solar pada Februari nanti.

“Februari ini kita akan review, kalau misalnya dua kali sebulan lebih baik, kita ubah caranya. Pemerintah akan meninjau dampak dan manfaat dari kebijakan perubahan harga ini,” tutur Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Sofyan Djalil, Jumat (9/1/2015).

Sofyan mengatakan, pemerintah akan mengumumkan harga baru BBM premium dan solar pada awal Februari 2015. Artinya kebijakan perubahan harga premium seperti pertamax setiap dua pekan belum akan berjalan di awal bulan kedua ini.
“Awal Februari ini kita akan umumkan harga baru,” imbuh Sofyan.

Sofyan menjelaskan, apabila harga minyak dunia turun, pemerintah harus memastikan Pertamina tak mengeruk keuntungan besar dari kondisi tersebut. Begitupula sebaliknya, supaya tidak ada beban untuk Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini jika harga minyak dunia kembali terkerek naik.


“Lebih cepat kan lebih baik, misalnya dua minggu kalau harga minyak dunia turun katakanlah US$ 60 per barel, ternyata minggu ini sudah turun lagi US$ 50 per barel, berarti ini keuntungan besar buat Pertamina,” terangnya.

Lebih jauh Sofyan menjelaskan, dengan Kebijakan perubahan harga premium setiap dua pekan sekali, maka keuntungan penurunan harga minyak dunia akan dinikmati Pertamina hanya dua pekan saja, bukan selama satu bulan penuh. Sebaliknya, jika harga minyak dunia naik, kerugian atau beban Pertamina pun tidak satu bulan, tapi cuma dua minggu saja. “Jadi makin dekat lebih baik,” kata Sofyan.  (one)