Monitor HP Beresolusi Tinggi, 7 Kali Lebih Tajam Dibanding Full HD

Monitor Terbaru Beresolusi Tinggi, 7 Kali Lebih Tajam Dibanding Full HD. Foto The Verge
 Monitor Terbaru Beresolusi Tinggi, 7 Kali Lebih Tajam Dibanding Full HD. Foto The Verge

Monitor Terbaru Beresolusi Tinggi, 7 Kali Lebih Tajam Dibanding Full HD. Foto The Verge

POJOKSATU – Perusahaan teknologi, Hewlett Packard (HP) telah meluncurkan perangkat monitor HP Z27q yang memiliki layar dengan resolusi sangat tinggi. Monitor terbaru besutan HP ini hadir dalam 2 tipe yakni, 4K dan 5K.

Tipe monitor 5K  ini memiliki resolusi 5.120 x 2.880 piksel lebih tinggi dari pada tipe 4K sehingga memiliki ketajaman gambar yang luar biasa. Dengan resolusi 5K ini dapat menampilkan gambar dengan kualitas tujuh kali lipat lebih tajam dibandingkan Full High Definition (HD).

Dilansir The Verge, Selasa (6/1/2015), monitor HP Z27q itu dibekali panel IPS berukuran 27 inci dengan aspect ratio 16:9. Tipe 4K dilengkapi konektivitas seperti empat port USB 3.0. Seperti tipe 4K, 5K juga memiliki konektivitas yang sama.

HPZ27q diperkenalkan pada pameran teknologi Consumer Electronic Show (CES) 2015 di Las Vegas, Amerika Serikat, Selasa (6/1/2015). HP Z27q akan dirilis pada bulan Maret 2015 mendatang.


Monitor 5K merupakan produk pertama HP dengan resolusi yang lebih baik dibandingkan produk lainnya. HP Z27q model 4K dan 5K dibanderol dengan harga Rp 16,4 juta. Harga tersebut lebih murah daripada monitor yang serupa.

Selain HP, Dell juga telah lebih dulu meluncurkan monitor 5K. Monitor besutan Dell ini juga berukuran 27 inci. Namun harga banderolnya jauh lebih mahal ketimbang HPZ27q. Dell membanderol monitor 5K buatannya dengan harga Rp. 31,5 juta.

Resolusi 5K ini pertama kali diterapkan Apple pada Mac besutannya, iMac with Retina Display. Bedanya, iMac with Retina Display merupakan komputer all-in-one lengkap dengan CPU rakitan Apple. Sedangkan, HP menerapkannya pada monitor tunggal yang dapat digunakan dengan komputer desktop apapun.

HP Z27q ini memungkinkan pengguna untuk melakukan semua pekerjaan. Selain itu, pengguna dapat menggunakan kedua model monitor terbaru besutan HP ini untuk bermain game dengan gambar yang luar biasa. (mg2/jpnn)