Perkembangan Teknologi dan Internet 2015

Tekhnologi 2015 Makin Canggih

 

Tekhnologi 2015 Makin Canggih
Tekhnologi 2015 Makin Canggih

POJOK SATU –¬†Tahun 2015, dunia teknologi diprediksikan akan meningkatkan penggunaan internet yang memicu pada penggunaan data internet yang semakin besar. Hal ini disebabkan oleh makin maraknya penggunaan produk elektronik yang memiliki IP dan selalu terhubung ke internet seperti gadget, webcam, cctv, peralatan surveillance, dan sebagainya.

Seperti dikutip dari Rudi Rusdiah, CEO Micronics Internusa dalam seminar “The Next Big Things, Are You Ready” di Jakarta, perkembangan gadget pada tahun 2015 akan meningkat pesat dan jumlah gadget akan meningkat dua kali lipat dari jumlah penduduk dunia.

Sebelumnya, Indonesia pernah mengalami ledakan pertama volume “Big Data” pada era tahun 1990 ketika PC baru mulai booming. Saat itu, Indonesia tercatat memiliki sekitar 30 juta PC user.


Lahirnya PC Network dan Internet yang diklaim sebagai the network of network memicu ledakan big data. Dengan semakin banyaknya PC yang terjaring ke dalam Cyberspace, membuat value meningkat secara signifikan.

Tercatat 20,5 juta gadget dan smartphone tahun 2013 meningkatkan populasi penggunaan internet di Indonesia, lebih dari 70 juta populasi penggunaan internet di Indonesia.

Dengan adanya OTT (Over The Top) oleh providor aplikasi seperti Facebook, Twitter, Instagram, Youtube, Yahoo, Gmail, Path, dan sebagainya menyebabkan meledaknya data unstruktur yang sifatnya kualitatif seperti suara, foto, film dan multi media lainnya di Internet bersama struktur data seperti text dan numerik yang ada di File Server.

Perubahaan big data ini menuntut siapapun yang bekerja di bidang teknologi agar mampu meningkatkan competitiveness dalam penguasaaan Teknologi Informasi. (zul)