Hebat, Anak Ini Ubah Kulit jadi Telepon Pintar

Kulit bisa berfungsi seperti android
Kulit bisa berfungsi seperti android
Kulit bisa berfungsi seperti android

POJOKSATU – Jelang pergantian tahun, sepasang ayah dan anak asal Prancis berhasil menggegerkan dunia. Guillaume Pommier dan Pascal, ayahnya, membuat terobosan dengan membuat gelang secerdas telepon seluler pintar.

Di bawah payung perusahaan teknologi Cicret yang mereka bangun, anak dan ayah itu menciptakan gelang yang mampu memproyeksikan tampilan perangkat mobile pada kulit lengan pemakainya.

Pommier menanam teknologi Pico Projector di gelang Cicret yang mampu memancarkan proyeksi dari layar Android ke permukaan tangan. Di dalam gelang ini sudah ada delapan sensor proximity, yaitu sensor berkemampuan jarak jauh yang sebenarnya juga ada dalam teknologi sensor di ponsel pintar Lumia.

Fitur vibrasi juga disematkan dalam gelang Cicret sehingga pemakainya tahu jika ada notifikasi yang masuk ke gelang ini. Menurut Pommier, produk ini sebenarnya bukan sesuatu yang baru. “Hanya menggabungkan dua teknologi yang sudah ada untuk menciptakan sesuatu yang benar-benar istimewa.”


Gelang Cicret ini juga dilengkapi Wi-Fi, storage (16GB & 32GB), memory card, dan konektivitas Bluetooth, yang sudah menjadi satu paket di dalamnya. Tampilan perangkat mobile pada kulit pemakainya juga bisa disentuh dengan jari-jari tangan seperti layaknya menggunakan ponsel. “Kami berencana menempatkan kartu 3G di gelang untuk memungkinkan panggilan,” kata Pommier.

Cicret, perusahaan Prancis, menggelar kampanye pengum­pulan dana melalui situs crowdfunding Indiegogo pada 31 Agustus-30 Oktober lalu. Pommier berharap gelang ini bisa ada di rak-rak toko pada Juni tahun depan. Harganya mungkin sekitar US$460 atau Rp5.750.000 (kurs Rp12.500/dolar) pada peluncuran dan akan datang dalam model 16GB dan 32GB serta sepuluh pilihan warna. (tem)