Siapkan 174 Ekstra Flight

Pesawat Garuda
Pesawat Garuda
Pesawat Garuda

POJOKSATU – Mengantisipasi lonjakan penumpang jelang perayaan Hari Natal dan Tahun Baru, sebanyak 174 extra flight disiapkan di Bandara Soekarno Hatta. Extra Flight tersebut disediakan oleh beberapa maskapai untuk penerbangan domestik maupun internasional.

Manajer Humas dan Protokoler Angkasa Pura II Bandara Soekarno Hatta Yudis Tiawan menjelaskan 174 extra flight itu terdiri dari 166 extra flight penerbangan domestik dan sebanyak 8 flight melayani penerbangan internasional.

Ekstra flight tersebut disediakan oleh maskapai Sriwijaya sebanyak 70 extra flight, Cittylink sebanyak 49 extra flight, Air Asia sebanyak 31 extra flight, China Air sebanyak 8 extra flight serta Garuda Indonesia sebanyak 16 extra flight.

”Sudah mulai diberlakukan sejak Sabtu 19 Desember 2014. Diprediksi terus berlanjut hingga 5 Januari 2015,” katanya.


Soal kemungkinan kekurangan pasokan listrik ditengah padatnya kawasan bandara jelang libur Natal dan Tahun Baru,  Yudis mengaku empat gardu induk listrik milik PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) dipastikan bakal memasok listrik. Pasokan listrik dari empat gardu tersebut sebesar 35 Mva.

Mengantisipasi parkir kendaraan, Yudis mengaku pihaknya bakal memberlakukan pengkucian roda kendaraan pengguna jasa bandara yang parkir sembarangan lebih dari lima menit. Kunci itu baru bisa dibuka apabila sudah ada surat tilang dari pihak kepolisian.

”Semoga tidak ada hambatan. Kami juga sudah siapkan CCTV sebanyak 845 titik dengan teknologi super canggih yang bisa di zoom maksimal,” ucapnya.

Terpisah, Vice President Corporate Communications PT Garuda Indonesia Pujobroto mengatakan, maskapai Garuda Indonesia menyediakan 9.800 kursi selama periode 20 Desember 2014 hingga 9 Januari 2015.

Dari jumlah kursi penerbangan yang disiapkan itu, 5.800 kursi untuk melayani penerbangan dalam negeri dan 4.000 kursi untuk penerbangan ke luar negeri.

”Ini dilakukan gunakan untuk melayani penumpang. Prediksi jumlah penumpang saat Libur Natal dan Tahun Baru meningkat sekitar 10-15 persen dari hari normal,” katanya. (fin)