Menteri ESDM Dukung Sofyan Basir Jadi Dirut PLN

Menteri ESDM, Sudirman Said
Menteri ESDM, Sudirman Said
Menteri ESDM, Sudirman Said

POJOKSATU – Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Sofyan Basyir dikabarkan menjadi kandidat terkuat menduduki posisi direktur utama PT PLN. Ia bakal menggantikan posisi Nur Pamudji yang mengundurkan diri.

Menanggapi rumor tersebut, Menteri ESDM Sudirman Said ikut berkomentar. Menurutnya, Sofyan memiliki latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja yang baik.

“Bagus, hebat, dia pemimpin yang baik, yang bisa membawa BRI jadi bank bagus,” ujar Sudirman saat ditemui di Kementerian BUMN, Jakarta, Selasa (23/12).

Ia menilai Sofyan pantas menjadi dirut PLN meski tidak mempunyai latar belakang menyoal listrik. Yang penting kata Sofyan, ia mempunyai kemampuan untuk memimpin.


“Pemimpin itu bisa punya latar belakang macam-macam, nggak cuma lihat latar belakang pendidikan saja, yang penting kemampuan memimpin, kemampuan untuk menyelesaikan masalah rumit. Dia punya visi misi, Pak Jonan dari bankir jadi KAI sekarang jadi menteri, jagokan,” papar Sudirman mencontohkan.

Setidaknya ada tiga nama kandidat calon pengganti Nur Pamudji di PLN. Dari tiga kandidat calon Dirut PLN, dua diantaranya dikabarkan dari dirut perusahaan pelat merah. Mereka yakni, Dirut PT BRI Sofyan Basyir dan Dirut PT Bukit Asam (PTBA) Milawarma. (chi/jpnn)