Mantan Ketua KPK Jadi Komisaris Utama BJB

Taufiqurrahman Ruki
Taufiqurrahman Ruki
Taufiqurrahman Ruki

POJOKSATU-Rapat umum pemegang saham (RUPS) luar biasa Bank Jabar Banten (BJB) memutuskan untuk mengangkat mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Taufiqurrahman Ruki sebagai komisaris utama.

Gubernur Jabar H Ahmad Heryawan sebagai pemegang saham terbesar BJB mengatakan, pada akhir 2014 Bank BJB telah memiliki formasi lengkap di jajaran komisaris dan direksi. “Semoga BJB dapat melangkah lebih maju dan baik di tahun depan,” kata Heryawan, Sabtu (20/12/2014).

Pria yang akrab disapa Aher itu berharap Taufiqurrahman Ruki bisa memberikan spirit untuk menjadikan Bank BJB lebih dinamis ke depan.
“Mudah-mudahan Bank BJB bisa lebih baik lagi di masa yang akan datang,” imbuhnya.

Selain menetapkan Taufiqurrahman Ruki sebagai komisaris utama, RUPS luar biasa juga menetapkan Ahmad Irfan sebagai direktur utama, serta menunjuk enam direksi lainnya yakni Zaenal Aripin, Agus Gunawan, Nia Kania, Benny Santoso Fermiyanti dan Suartini. Ahmad Irfan sebelumnya menjabat sebagai direktur komersial BJB.


Sedangkan dewan komisaris BJB yang baru, selain Taufikurahman Ruki sebagai komisaris utama, juga menetapkan dua komisaris yakni Wawan Ridwan (Sekda Jabar) dan Muhadi, serta empat komisaris independen yakni Ahmad Baraba, Yayat Sutaryat, Klemi Subiyantoro dan Rudhyanto Mudopo.

RUPS Luar Biasa dilangsungkan pada Jumat (19/12/2014) pagi hingga malam hari. Agenda RUPS luar biasa yakni menunjuk jajaran komisari, jajaran direksi, dan perubahan anggaran dasar dan perubahan susunan pengurus. (one)