Natal dan Tahun Baru, 152 Kereta Api Cadangan Dikerahkan

POJOKSATU18-kereta_api_1PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengerahkan sebanyak 152 kereta tambahan dan 40 lokomotif cadangan guna mengantisipasi terjadinya lonjakan penumpang selama libur Natal dan Tahun Baru 2015.

Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro memperkirakan liburan Natal dan Tahun Baru 2015 kali ini akan terjadi peningkatan penumpang sebesar 2 persen atau sekitar 3,85 juta penumpang, dibandingkan periode yang sama tahun 2013 yakni 3,8 juta penumpang.

“Kenaikan penumpang diperkirakan sebesar 2 persen, ini tetap kita antisipasi,” ujar Edi dalam jumpa persnya di Stasiun Gambir, Jakarta, Jumat (19/12).

Selain itu pihaknya juga telah menyiapkan 411 lokomotif, yang terdiri dari 371 lokomotif dinas, dan 40 lokomotif cadangan. Di samping itu seluruh jajaran direksi KAI kata Edi juga telah mengecek kesiapan angkutan Natal dan tahun baru di seluruh lintas jalur Kereta Api (KA). Hal itu dilakukan guna mempersiapkan dan mengecek langsung kondisi di lapangan.


“Direksi KAI semuanya sudah melakukan inspeksi ke semua daerah pada tanggal 11-13 Desember lalu. Kita keliling satu persatu, kesiapan stasiun mulai di pulau Jawa hingga lintas Sumatera,” tandasnya. (chi/jpnn)