JK Anggap Pelemahan Rupiah Jadi Potensi Investasi

Wapres Jusuf Kalla
Wapres Jusuf Kalla
Wapres Jusuf Kalla

POJOKSATU – Wakil Presiden Jusuf Kalla menyatakan bahwa nilai tukar rupiah yang melemah terhadap dolar AS (USD) saat ini justru memberi peluang baik untuk iklim investasi Indonesia. Menurutnya, justru saat ini merupakan waktu yang tepat bagi investor memulai investasinya di Indonesia.

“Stabilitas kurs ini akan sebabkan investasi lebih cepat karena yang punya uang untuk investasi akan berpikir lebih murah investasi di Indonesia. Beda dengan Jepang. Karena harga-harga dihitung dengan dolar, maka investasi akan lebih mungkin terjadi,” kata JK -sapaan Jusuf Kalla-di kantor kepresidenan, Jakarta, Rabu, (17/12).

JK meyakini peluang yang baik itu akan berpengaruh pada pertumbuhan ekonomi Indonesia. Bahkan, katanya, pemerintah juga termotivasi untuk mempercepat pembangunan dan perbaikan infrastruktur dan listrik.

“Kita gambarkan bahwa kita harus cepat maju, listrik, infrastruktur, agar investasi yang mengikuti kondisi ini, lebih mudah kita perbaiki. Di samping akan ada perbaikan birokrasi yang akan menyusul,” sambung JK.


Dari segi ekspor, kata JK, eksportir dalam negeri akan mendapat keuntungan lebih atas menguatnya USD. “Ekspor tidak perlu insentif, karena dia akan dapat insentif dari revenue dengan rupiah lebih banyak,” tandas JK.(flo/jpnn)