Windows 10 Kemungkinan Dirilis September 2015

Pengguna diminta segera tinggalkan Windows 8 karena sudah tak aman.
Foto: Microsoft
Foto: Microsoft

POJOKSATU – Perusahaan pembuat piranti lunak, Microsoft akan meluncurkan sistem operasi terbaru ciptaannya, Windows 10, pada musim gugur 2015 atau sekitar awal musim gugur tahun depan. Target waktu peluncuran itu memang lebih lambat dari perkiraan sebelumnya.

Seperti dilansir Times Of India, Kamis, (11/12), Microsoft memang tidak mengungkapkan waktu pasti untuk meluncurkan Windows 10. “Sampai akhir musim panas dan awal musim gugur tahun depan, kami akan mengeluarkan OS terbaru ini” tutur Chief Operating Officer Microsoft, Kevin Turner.

Peluncuran Windows 10 pada musim gugur tahun depan merupakan kelanjutan dari peluncuran Windows 8 tiga tahun lalu. Para pengguna komputer mengeluhkan Windows 8 yang membingungkan karena tampilannya lebih cocok untuk smartphone dan tablet berbasis Windows.

Namun, perusahaan yang dirintis Bill Gates itu justru langsung melompat untuk membuat Windows 10. Dengan lompatan angka dari 8 ke 10 menandakan sistem operasi Windows yang akan diluncurkan tahun depan itu bakal menyatukan cara orang bekerja pada tablet, smartphone dan komputer. Microsoft sudah melakukan uji coba Windows 10 dengan banyak menu dan fitur menarik yang ditawarkan sejak dua bulan lalu.


Windows memang masih menjadi bagian inti dari bisnis Microsoft dan mendominasi pasar komputasi desktop dengan 1,5 miliar pengguna. Namun, berdasarkan data dari firma riset teknologi Gartner, pertumbuhan ponsel pintar dan tablet membuat Windows kini hanya menguasai sekitar 14 persen perangkat komputer di seluruh dunia. (mg2/jpnn)