Kelola Blok Mahakam, Yakin Peringkat Pertamina Terkerek

JAKARTA – Komisaris Utama PT Pertamina, Sugiarto meyakini pengelolaan Blok Mahakam dapat mendatangkan benefit yang positif bagi perseroan. Sebelumnya, Menteri Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM), Sudirman Said mengatakan bahwa Pertamina akan menjadi operator Blok Mahakam.

Sugiarto menyatakan jika perseroan berhasil mengambilalih Blok Mahakam, maka Pertamina dapat mencapai peringkat 50 perusahaan Migas di dunia.

“Peringkat 50 ini bisa tercapai kalau Blok Mahakam bisa dipegang oleh Pertamina,” ucap Sugiarto pada pembukaan acara Pertamina Energy Outlook 2015 di Jakarta, Rabu (3/12).

Hanya saja Sugiarto enggan mengungkapkan berapa dana perseroan untuk mengambil alih Blok Mahakam dari Total dan Inpex. “Nanti saja,” terang dia.


Seperti diketahui, Kementerian ESDM akan mengakhiri kontrak kerja sama (KKS) Blok Mahakam dengan Total dan Inpex pada 31 maret 2017.

Setelah KKS berakhir, maka kontraktor wajib menyerahkan seluruh data dan informasi perihal pengelolaan selama 50 tahun sesuai pasal 19 ayat 2 UU Migas No 22/2001. (chi/jpnn)