Tips Traveling Aman Saat Naik Pesawat

POJOKSATU.id, JAKARTA – Traveling naik pesawat memang selalu menjadi perjalanan yang menyenangkan. Kini Anda bisa traveling dan memesan tiket pesawat online melalui Traveloka. Di Traveloka, bahkan Anda bisa cicil tiket pesawat melalui fitur Traveloka pay later. Di bawah ini terdapat tips traveling naik pesawat agar tetap aman.


Tips Traveling Naik Pesawat

Terdapat beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika akan traveling dengan menggunakan pesawat. Penasaran apa saja tips-tipsnya? Langsung saja simak ulasannya berikut ini.

1.       Datang Lebih Awal ke Bandara

Pertama, yaitu datang lebih awal ke bandara. Datang lebih awal ke bandara akan menghindari Anda dari hal-hal yang tidak diinginkan baik itu di perjalanan menuju bandara atau ketika berada di bandara. Anda akan terhindar dari macet di jalan atau terburu-buru karena jadwal boarding yang terlalu mepet.


Jika Anda datang lebih awal, setidaknya Anda tidak perlu terburu-buru dan bisa sedikit lebih leluasa. Selain itu, Anda pun bisa meminimalisir keterlambatan. Apabila waktu check in masih lama, Anda bisa menunggu di sekitar bandara terlebih dahulu, bahkan Anda bisa berbelanja oleh-oleh di bandara.

2.       Menerapkan Protokol Kesehatan

Mengingat saat ini pandemi Covid-19 masih berlangsung, alangkah baiknya jika Anda tetap menerapkan protokol kesehatan yang sudah diatur di bandara. Gunakan selalu masker, selalu mencuci tangan, dan juga menjaga jarak dengan orang lain.

Dengan menerapkan protokol kesehatan, Anda turut meminimalisir terjadinya penularan Covid-19, baik itu dari diri sendiri ke orang lain atau sebaliknya. Selain itu, dengan menerapkan protokol kesehatan juga sebagai bentuk kedisiplinan dan juga menjaga kesehatan diri kedisiplinan dari pandemi yang sedang terjadi.

3.       Menyiapkan Kelengkapan Dokumen

Saat traveling naik pesawat, kelengkapan dokumen harus diperhatikan. Seluruh moda transportasi udara pesawat terbang sudah memberlakukan peraturan yang ketat ketika melakukan perjalanan udara. Anda harus menunjukkan dokumen-dokumen seperti tiket pesawat, kartu identitas, bukti hasil rapid tes, dan juga sertifikat vaksin.

Semenjak pandemi, pemerintah mewajibkan masyarakat untuk melakukan vaksinasi. Selain untuk perlindungan diri, sertifikat vaksin juga diperlukan untuk melakukan perjalanan udara pesawat terbang. Maka dari itu, Anda harus sudah melakukan vaksinasi jika ingin melakukan perjalanan kemana saja.

4.       Bawa Barang dan Bagasi Secukupnya

Apabila Anda tidak ingin ribet saat traveling, maka sebaiknya Anda membawa barang yang secukupnya dan seperlunya saja. Jika Anda membawa terlalu banyak barang dan disimpan di bagasi pesawat, justru akan merepotkan dan menyulitkan Anda. Bahkan, jika beratnya melebihi dari yang sudah ditentukan, Anda bisa dikenakan biaya tambahan.

Perhatikan juga ketentuan bagasi kabin masing-masing maskapai agar memudahkan dan mempercepat proses check in ketika berada di bandara. Agar lebih hemat juga, sebaiknya Anda membawa makanan/minuman sendiri, membawa makanan/minuman sendiri juga dinilai lebih higienis.

5.       Selalu Update Informasi Terkini

Terakhir, yaitu selalu pantau informasi terkini di bandara. Hal ini karena mungkin saja sewaktu-waktu maskapai penerbangan mengubah jadwal atau bahkan membatalkan penerbangan karena alasan tertentu. biasanya hal seperti ini masih banyak orang yang belum mengetahui terkait informasi tersebut.

Maka dari itu, sebaiknya Anda selalu turut mengikuti informasi perkembangan maskapai penerbangan Anda supaya lebih mengetahui informasi yang ter-update dan Anda bisa menyesuaikannya.

 

Pesan Tiket Pesawat dengan Traveloka Paylater

Adanya fitur layanan pay later dari Traveloka, akan mempermudah Anda untuk memesan berbagai produk Traveloka meskipun kondisi dompet sedang menipis. Dalam hal ini, Anda bisa membeli produk Traveloka terlebih dahulu dan membayarnya nanti di akhir atau awal bulan sesuai dengan ketentuan.

Traveloka pay later bisa digunakan pada banyak pilihan produk Traveloka, seperti penginapan, atraksi, tur, sewa mobil, perjalanan, dan salah satu contohnya pesan tiket pesawat. Apabila Anda ingin traveling terlebih dahulu dan bayar kemudian, Anda bisa menggunakan layanan pay later dari Traveloka ini.

Pesan tiket pesawat di Traveloka dengan menggunakan Traveloka Paylater cukup mudah. Pastikan Anda sudah memiliki akun Traveloka dan melakukan pendaftaran pay later. Salah satu syarat pengguna yang bisa menggunakan pay later ialah setidaknya sudah memiliki KTP dan berusia mulai dari 21 hingga 70 tahun.

Di bawah ini merupakan cara pesan tiket pesawat dengan cara cicil di Traveloka.

  • Pertama, pesan Traveloka tiket pesawat yang Anda inginkan terlebih dahulu. Pilihlah jadwal penerbangan, maskapai penerbangan, dan lain sebagainya sesuai dengan kebutuhan Anda.
  • Setelah itu, di halaman pembayaran pilihlah menu PayLater.
  • Kemudian, silakan tentukan periode pembayaran sesuai dengan pilihan yang tersedia, setelah itu klik Lanjutkan.
  • Jika sudah, klik Beli dengan PayLater, lalu Anda harus mendapatkan kode verifikasi untuk proses verifikasi, silakan klik Kirim dan masukkan kodenya dari kode yang telah Anda terima melalui SMS. Lalu, klik Verifikasi.
  • Terakhir, klik Lanjutkan, lalu cek secara berkala dan klik Lihat Progres Pembelian. Selesai.

Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, Anda sudah bisa mendapatkan tiket pesawat dengan metode pembayaran pay later melalui cicilan. Nantinya Anda bisa membayar tiket pesawat tersebut sampai lunas di akhir atau bulan sesuai dengan ketentuan Traveloka yang sudah disetujui oleh Anda.