Jalan-jalan ke Luar Negeri Lebih Baik Pilih Hotel, Hostel, atau Apartemen?

reservasicom
Ilustrasi/(Sumber: Shutterstock)

SETELAH  pada akhirnya berhasil mendapatkan tiket pesawat murah, ada satu hal yang masih harus dilakukan, yaitu cari penginapan. Pertanyaan pilih hotel, hostel, atau sewa apartemen, sudah pasti akan terlintas ketika akan melakukan liburan. Memang terdengar mudah, tapi untuk memutuskan pilihan tersebut nyatanya gampang-gampang susah.

Pada dasarnya, selama traveling, hal yang penting sekali untuk diperhatikan adalah kenyamanan. Apabila dari awal sudah merasa nyaman, pasti sepanjang perjalanan akan terasa aman dan menyenangkan.

Nah, untuk menjawab kebingungan apakah lebih baik memilih hotel, hostel, ataupun sewa apartemen, ada baiknya untuk menyimak ulasan berikut ini.

Hotel


Untuk perihal kenyamanan, pilihan yang satu ini sudah tidak perlu lagi diperdebatkan. Siapa pun ketika ditanya nyaman di mana pasti akan menjawab hotel. Bagaimana tidak, sejak awal sampai di hotel pasti akan disambut dengan senyum ramah para staf hotel, kemudian dibantu untuk membawa koper dari lobi menuju kamar, dan tentunya beragam kenyamanan lain.

Terkadang memang, bagi sebagian orang mengeluarkan bujet sedemikian banyaknya untuk biaya akomodasi di hotel terasa amat disayangkan. Apalagi kalau menginap hanya beberapa hari saja.

Meskipun begitu, pilihan tetap ada di tangan Anda. Kalau memang ketika liburan Anda menomorsatukan kenyamanan, hotel adalah pilihan yang paling tepat. Pelayanan maksimal, jumlah sarapan yang melimpah ruah, hingga fasilitas gym dan kolam renang.

Keuntungan: Tingkat kenyamanan tinggi, keamanan yang terjamin, pelayanan terbaik, fasilitas yang tidak perlu ditanyakan lagi, dan mudah mendapatkan prrivasi.

Kekurangan: Harga yang cukup mahal tergantung bintang dan sulit mendapatkan kenalan sesama traveler karena cenderung individual.

Hostel

Nah, bagi kalangan backpacker, menginap di hostel tentu adalah sebuah pilihan yang paling pas. Selain memang sedang tren, menginap di hostel memberikan kesempatan yang besar untuk mendapat teman baru dan juga kenalan sesama traveler sebanyak-banyaknya.

Terlebih kalau hostel yang dipilih adalah kamar dengan tipe campuran yang terdiri dari beberapa kasur mulai dari 4 hingga 10 orang. Namun, jika menginap di hostel, terlebih di kamar tipe shared room/dorm harus berhati-hati ketika meletakkan barang. Banyak juga hostel yang menyediakan loker untuk setiap masing-masing tamu, jadi bisa menyimpan barang berharga di sana.

Ingin merasakan nuansa hostel tapi tetap ingin privasi yang terjaga? Tenang, beberapa hostel menawarkan private room dengan harga yang masih lebih murah ketimbang hotel. Biasanya, harga private room di hostel seharga dua kali lipat kasur dorm atau yang juga dikenal dengan sebutan bunk bed.

Keuntungan: Biaya lebih murah, kesempatan untuk memperluas jaringan pertemanan lebih besar, mudah untuk diskusi dan sharing pengalaman selama traveling.

Kekurangan: Privasi kurang, keamanan tidak begitu terjamin, dan kebersihan

Apartemen

Menginap dengan menyewa apartemen bisa jadi pilihan yang tepat jika Anda suka berbaur dengan masyarakat lokal. Untuk menyewa bisa langsung melalui pemilik apartemen atau bisa juga melalui online travel agency.

Akan ada banyak pengalaman menginap di apartemen karena memang jenis apartemen yang disewakan pun berbeda-beda. Kalau beruntung, biasanya kamar apartemen yang disewakan masih satu rumah dengan pemiliknya, jadi Anda akan mendapatkan pengalaman langsung menjadi warga lokal di luar negeri.

Selain itu, menginap di apartemen juga lebih murah dan bisa mendapatkan ruang privasi yang lebih ketimbang di hostel. Namun, sebelum memilih apartemen, ada baiknya untuk melakukan riset tempat dan juga testimoni dari tamu sebelumnya.

Tips memilih penginapan

1. Sesuaikan bujet

Sebelum liburan, coba untuk persiapkan sejumlah uang. Jangan lupa untuk memisahkan bujet transportasi, konsumsi, dan akomodasi. Pilih penginapan dengan harga yang paling murah dan sesuai dengan anggaran.

2. Pilih lokasi

Memilih lokasi penginapan juga jadi poin yang mesti diperhatikan. Lokasi penginapan yang strategis selain memudahkan mobilisasi akan bisa menghemat biaya transportasi juga. Jika penginapan dekat dengan tempat wisata, bahkan bisa ditempuh dengan berjalan kaki tentunya akan sangat membantu untuk menghemat biaya.

3. Pertimbangkan kondisi keamanan

Cari informasi sebanyak mungkin tentang kondisi keamanan penginapan. Terlebih lagi jika penginapan yang akan didatangi adalah hostel dengan banyak tamu yang menginap di satu kamar yang sama.

4. Pertimbangkan fasilitas penginapan

Setidaknya dalam memilih penginapan, pilihlah yang memiliki fasilitas wi-fi dan sarapan. Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah menyalurkan dana untuk anggaran yang lainnya.

5. Lihat testimoni

Ini adalah langkah terakhir ketika sudah akan menemukan penginapan yang tepat. Bagaimana pun juga testimoni dari tamu yang pernah menginap di sana bisa memberikan bayangan lengkap tentang kredibilitas penginapan tersebut.

Nah, yang pasti apapun pilihan yang akhirnya dijatuhkan harus sesuai dengan bujet dan kebutuhan. Cari dan booking hotel murah di Reservasi.com. Dapatkan diskon harga hotel hingga Rp1 Juta di reservasi.com.

(kan/pojoksatu)