Sejarah Baru, Kemenpar Sukses Tingkatkan Kunjungan Wisatawan Mancanegara

Foto Ilustrasi: Wisatawan Mancanegara
Foto Ilustrasi: Wisatawan Mancanegara

POJOKSATU.id, JAKARTA- Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS, Sasmito Hadi Wibowo mengungkapkan, ‎jumlah kunjungan wisata mancanegara (wisman) pada Juli 2016 mencapai 1,03 juta kunjungan.

“Ini merupakan sejarah baru buat Indonesia karena pertama kalinya melewati barrier 1 juta kunjungan wisman. Jadi kita bisa mencetak 1 juta kunjungan turis dalam sebu‎lan, tertinggi dibanding bulan lainnya,” ujar Sasmito saat Konferensi Pers di kantornya, Jakarta, Kamis (1/9/2016).

Sasmito mengapresiasi kinerja Kementerian Pariwisata dalam mempromosikan tujuan-tujuan wisata di Indonesia kepada negara lain sehingga Indonesia bisa mencetak rekor baru jumlah kunjungan 1 juta dalam sebulan.

Jika dirinci, Sasmito menambahkan, jumlah kunjungan wisman‎ ke Indonesia 1,03 juta kunjungan, masuk melalui 19 pintu utama sebanyak 968,21 ribu kunjungan dan yang lewat di luar 19 pintu utama 64,52 ribu kunjungan.


“Hampir semua pintu masuk bandara mengalami kenaikan signifikan kecuali di Batam. Paling spektakuler di Bandara Ngurah Rai dengan kenaikan 26,27 persen (YoY) dan 18,86 persen (MoM) menjadi 482,20 ribu kunjungan,” jelas Sasmito.

5 besar kunjungan wisman ke Indonesia, menurut negara dari Juni 2016 dibanding Juli 2016 yaitu, turis asal Tiongkok, asal Australia, asal Jepang, asal Singapura da nasal Malaysia.

(Sikah/Pojoksatu)