Asyiknya Jelajah Solo-Wonogiri dengan Railbus

rail bus

Menjelajah Solo-Wonogiri dalam waktu dekat tak perlu bersusah payah lagi. Ada railbus yang siap melayani perjalanan penumpang, 6 Februari 2015. Dan yang membuat happy, tiket KA yang diberi nama Batara Kresna tersebut akan dijual dengan harga Rp 4 ribu per penumpang.

KA buatan PT INKA Madiun senilai Rp 18 miliar akan melayani rute Stasiun Purwosari Solo-Stasiun Solo Kota-Stasiun Sukoharjo-Stasiun Nguter dan berakhir di Stasiun Wonogiri.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Solo, Yosca Herman Soedrajad mengaku pihaknya sudah melakukan rapat koordinasi dengan PT Kereta Api Indonesia. Dalam rapat koordinasi itu, disepakati KA yang merupakan hibah dari Kementerian Perhubungan era Freddy Numberi itu akan dijalankan mulai 6 Februari.


“Untuk pengoperasian hari pertama, kita jalankan sehari satu trip dengan harga tiket Rp 4 ribu. Kereta berangkat dari Stasiun Purwosari pagi hari, setelah itu kembali ke Kota Solo pada sore hari,” ujar Herman kepada wartawan, Jumat (30/1) siang.

Pengoperasian railbus pada pagi dan kembali sore hari tersebut dimaksudkan untuk menyasar para penumpang KA yang ke akan bepergian ke Jakarta atau sebaliknya. Dia mengklaim saat ini banyak warga Sukoharjo dan Wonogiri yang menggunakan KA untuk bepergian ke Ibu Kota setiap harinya. (radar solo/ps)