Rekomendasi Wisata Kuliner di Yogyakarta Ini Wajib Dicoba untuk Melengkapi Liburan Anda!

Yogyakarta memang istimewa. Terkenal dengan banyaknya wisatawan yang berkunjung untuk liburan di setiap tahunnya. Kota ini juga disebut sebagai kota pelajar karena menjadi tempat persinggahan bagi pelajar-pelajar yang merantau dari berbagai pulau di luar Jawa. Jika Anda berencana mengunjungi Yogyakarta dalam waktu dekat, bisa mendapatkan tiket beserta akomodasi melalui Blibli, dan jangan lupa manfaatkan promo 12.12.


Yogyakarta terkenal dengan berbagai tempat wisata yang indah namun murah meriah, kesenian yang masih sangat kental dengan budaya Jawa di daerah itu sendiri, juga wisata kuliner yang sangat khas dengan daerahnya. Contohnya, jika anda mendengar kuliner yang disebut Gudeg, pasti anda sudah tidak salah lagi bahwa kuliner tersebut adalah makanan khas dari kota Yogyakarta.

Tidak hanya menarik dan beragam, wisata kuliner di Yogyakarta juga menawarkan harga yang murah meriah. Soal rasa, kuliner di Yogyakarta tidak akan membuat Anda menyesal sudah mencobanya. Untuk Anda yang berencana berlibur ke kota istimewa yang satu ini, ini dia rekomendasi wisata kuliner yang wajib dicoba untuk melengkapi liburan Anda. Simak selengkapnya berikut ini!


 

  1. Gudeg Pawon

Yogyakarta sangat identik sekali dengan kuliner yang satu ini. Tidak lengkap rasanya jika berlibur ke Yogyakarta tanpa mencicipi makanan dari olahan nangka muda ini. Dari warung makan yang sederhana hingga yang ternama, warung makan yang menyajikan Gudeg di Yogyakarta ini sangat beragam. Salah satunya adalah Gudeg Pawon, warung makan Gudeg yang legendaris ini bisa Anda pilih sebagai destinasi wisata kuliner Anda ketika berlibur di Yogyakarta.

 

  1. Mangut Lele Mbah Marto

Dari nama warung makannya sudah jelas bahwa kuliner yang satu ini mengolah ikan lele dengan cara diasap, dimasak bersama dengan kuah santan kuning, dimakan bersama bumbu mangut. Mangut lele Mbah Marto ini hanyalah warung makan yang sangat sederhana, proses dimasak masih menggunakan tungku, namun menjadi salah satu destinasi kuliner yang banyak direkomendasikan. Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk mencoba kuliner yang satu ini?

 

  1. Tengkleng Gajah

Dari namanya mungkin Anda langsung mengira bahwa ini adalah kuliner yang mengolah daging gajah. Tentu bukan ya! Tengkleng Gajah adalah kuliner yang berbahan dasar daging kambing yang menempel pada tulang, ukuran daging dan tulangnya disebut seperti gajah, yang artinya lebih besar dari biasanya. Destinasi kuliner yang satu ini lokasinya berada di Jalan Kaliurang.

 

  1. Kopi klotok

Untuk Anda yang hobi duduk santai sembari minum kopi, Anda wajib mengunjungi tempat yang satu ini. Namanya Kopi Klotok. Dilengkapi dengan pemandangan gunung merapi dan hamparan sawah, bisa menyegarkan pandangan dan pikiran sekaligus istirahat sejenak dari keramaian kota. Selain kopinya yang khas, ada Pisang Goreng yang wajib Anda pesan jika datang ke destinasi kuliner yang satu ini.

 

  1. Soto Bathok

Soto yang disajikan langsung di mangkok yang berbahan batok kelapa ini, sangat cocok disantap ketika sarapan pagi. Anda hanya perlu mengeluarkan 6 ribu rupiah untuk satu porsi soto bathok ini. Lokasi di dekat Candi Sambisari, Anda juga akan disuguhkan dengan pemandangan hijau dan hamparan sawah. Sangat unik dan juga lezat pastinya. Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk mencicipi Soto Bathok?

 

  1. Lupis Mbah Satinem

Mbah Satinem adalah penjual jajanan pasar yang sangat legendaris. Sangat sederhana namun ternyata viral dan ramai! Saking ramainya, Lupis Mbah Satinem ini bahkan antre menggunakan nomor antrian. Jika Anda tertarik mencoba Lupis Mbah Satinem yang sangat legendaris ini, Anda harus datang pagi-pagi karena Lupis yang satu ini cepat sekali habisnya. Diceritakan langsung oleh Mbah Satinem lewat cuplikan film dokumenter di Netflix, bahwa dulunya Presiden Soeharto juga pernah membeli Lupis Mbah Satinem ini. Sepertinya destinasi kuliner yang satu ini benar-benar wajib dicoba ya!

 

  1. Sate Klathak Pak Pong

Sate Klathak ini adalah salah satu destinasi kuliner yang tidak kalah unik. Daging kambing muda ditusuk seperti sate pada umumnya. Yang membedakan adalah, sate klathak ini ditusuk menggunakan tusuk besi dari jeruji sepeda, alasannya adalah karena besi dipercaya lebih mudah menghantarkan panas. Sudah banyak sekali warung makan sate klathak di Yogyakarta, salah satu yang paling legendaris adalah Sate Klathak Pak Pong, yang berlokasi di Bantul. Bagaimana, apakah Anda penasaran dengan rasa sate klathak?

 

  1. Mie Ayam Bu Tumini

Mulai berdiri di tahun 1990, Mie Ayam Bu Tumini ini dikenal dengan ayamnya yang sangat melimpah dan tidak tanggung-tanggung porsinya yang jumbo. Warung mie ayam sederhana yang berlokasi di dekat terminal Giwangan ini sangat legendaris. Untuk Anda para pecinta kuliner terutama mie ayam, wajib mencoba mie ayam legendaris yang satu ini. Anda juga bisa menambah topping. Tertarik dengan ceker ayam? Atau menambah ekstra ayam? Anda boleh request sesuai selera.

 

Itu dia beberapa rekomendasi wisata kuliner yang bisa Anda coba ketika berlibur di Yogyakarta. Berlibur ke Yogyakarta bersama keluarga ataupun teman-teman pasti terdengar asik dan menyenangkan. Beli tiket pesawat, kereta ataupun bis di Blibli untuk tujuan ke Yogyakarta dengan harga promo 12.12 pasti makin asik dan mempermudah rencana liburan Anda!