Jalur Puncak Bogor Ditutup, Ini Rangkuman Jalan Alternatif Lainnya

Jalur alternatif menuju ke Puncak, Kabupaten Bogor. Foto/IST

POJOKBOGOR.com – Kawasan Puncak Kabupaten Bogor kerap kali jadi tujuan wisatawan di akhir pekan, terutama saat momen libur panjang termasuk Natal dan Tahun Baru (Nataru).


Sayangnya, jalur itu ditutup oleh kepolisian saat volume kendaraan padat. Namun ada lima “jalan tikus” yang bisa kamu jadikan alternatif.

BACA JUGA: Polisi Tutup Total Jalur Puncak Bogor, Tahun 2022 Baru Buka Kembali

Misalnya di persimpangan Gadog Pasir Muncang, Megamendung, dan Hankam Cisarua. Namun, pasar yang menjadi pusat perbelanjaan masyarakat juga sering menjadi faktor macet di jalur ini.


Berikut jalan tikus menuju ke Puncak Bogor;

1. Lewat Katulampa Keluar di Gadog
Jalan ini bisa dilalui dari arah Kota Bogor yang masuk lewat Katulampa. Roda dua maupun empat bisa melewati jalan ini.

2. Lewat Bendungan Keluar di Cisarua
Jika posisi berada di daerah Ciawi dan ingin ke Puncak, bisa menggunakan jalan alternatif Bendungan.

3. Lewat Pasir Muncang Keluar di Cisarua
Ketika baru keluar tol Gadog, biasanya sering macet. Kendaraan harus mengantre, sebab ruas jalan mengecil dan terdapat lampu merah.

Namun tenang, karena tidak jauh setelah keluar dari tol Gadog bisa membelokkan ke arah kanan untuk lewat Pasir Muncang dan tembus di Cisarua.

4. Lewat Sentul Keluar di Gadog
Jika macet di jalan tol dan posisinya dari Jakarta, bisa keluar di tol Sentul kemudian menyusuri jalan ke arah Gunung Geulis yang nantinya tembus di Gadog.

5. Lewat Pasir Angin Keluar di Megamendung
Jika di Pasir Angin macet, sebetulnya ada alternatif lain untuk ke Puncak, yaitu lewat jalan kampung dan tembus di Megamendung.

Itulah beberapa jalan ‘tikus’ yang bisa digunakan. Jalan tersebut dilalui tanpa macet. Kalau pun macet biasanya hanya beberapa titik saja.