Indahnya.. Air Terjun Batu Mahasur Kalteng Ini Bikin Awet Muda

Indahnya.. Air Terjun Batu Mahasur Kalteng Ini Bikin Awet Muda
Indahnya.. Air Terjun Batu Mahasur Kalteng Ini Bikin Awet Muda
Indahnya.. Air Terjun Batu Mahasur Kalteng Ini Bikin Awet Muda
Indahnya.. Air Terjun Batu Mahasur Kalteng Ini Bikin Awet Muda

POJOKSATU.id, GUNUNG MAS – Kota Kuala Kurun, Ibu Kota Kabupaten Gunung Mas (Gumas) Kalimantan Tengah, juga memiliki destinasi wisata unggulan. Salah satunya Air Terjun Batu Mahasur yang merupakan kawasan lindung dengan luas 100 hektare.

Air terjun ini menjadi ikon Kuala Kurun. Selain pemandangannya indah, air terjun ini juga dikenal memiliki kekuatan mistis.

ARHAM SAID, Kuala Kurun

Objek wisata Air Terjun Batu Mahasur berada di lokasi strategis, tepat di pusat Kota Kuala Kurun. Objek ini merupakan tujuan wisata favorit wisatawan, baik lokal maupun dari luar Gumas. Pada musim liburan, intensitas kunjungan bisa mencapai ratusan orang. Harga tiket masuk hanya dipatok Rp 5.000 per orang.


Banyaknya pengunjung bukan tanpa sebab. Pasalnya, panorama yang disuguhkan objek wisata ini memanjakan mata Selain memiliki air terjun dengan ketinggian mencapai 12 meter, pengunjung yang datang bisa mandi dan melihat panorama di sekitarnya. Pepohonan yang dibiarkan rimbun, menambah sejuknya lokasi wisata tersebut.

Mendekat ke lokasi air terjun, kita akan disambut oleh suara gemercik air yang mengalir tiada henti. Konon, air yang mengalir dari bibir air terjun tersebut tidak pernah mengering, alias abadi. Untuk mencapai lokasi, pengunjung harus menuruni puluhan anak tangga.

Di sisi kanan dan kiri, tumbuh pepohonan rimbun yang ditempelkan papan identitas yang terbuat dari seng bercat hijau. Hutan ini dikelola Dinas Kehutanan (Dishut) Kabupaten Gumas. Ada banyak jenis pohon yang tumbuh di sini, misalnya gerunggang, cengal, meranti, benuas, dan bangkirai.

”Masyarakat yang mandi di Air Terjun Batu Mahasur ini dipercaya akan memiliki kulit wajah awet muda dan berbagai macam penyakit bakal sembuh,” kata salah seorang penjaga air terjun Batu Mahasur Rusita (30).

Di lokasi air terjun, sudah disediakan gazebo atau tempat peristirahatan yang dibangun Pemkab Gumas. Selain itu, ada juga warung yang menyediakan berbagai makanan.

Sayangnya, kondisi jalan ketika hendak masuk ke kompleks Air Terjun Batu Mahasur tersebut masih berupa tanah merah yang banyak lubang. Ini mengakibatkan pengunjung sulit untuk menuju lokasi. Padahal, akses dari jalan utama menuju Air Terjun Batu Mahasur hanya berjarak 200 meter.

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Gumas Yokdie mengatakan, untuk promosi objek wisata ke dunia luar, pihaknya akan melakukan pengelolaan secara maksimal, sehingga mampu memberikan manfaat yang baik bagi Kabupaten Gumas. Semua kekurangan yang ada akan segera diperbaiki.

”Kami akan laksanakan pembenahan secara bertahap. Saat ini, ada dua objek wisata yang banyak diminati dan dikunjungi wisatawan, yakni Air Terjun Batu Mahasur dan Bawin Kameloh. Keduanya memiliki letak terdekat dengan kota yang dapat dijangkau masyarakat,” ujarnya.

(***/ign/jpg/pojoksatu/zul)