Mau Awet Muda, Wajib Coba 8 Makanan Ini

ilustrasi awet muda
Ilustrasi
Ilustrasi
Ilustrasi

POJOKSATU.id, JAKARTA – Tahukah Anda bahwa ternyata kita bisa menjaga penampilan tetap awet muda hanya dengan menjaga pola makan kita? Menurut Joshua Zeichner, MD, apa yang kita konsumsi sangat berpengaruh terhadap penampilan sehari-hari kita, terutama dalam hal keawetmudaan.

Nah, berikut 10 jenis makanan yang terbukti bisa membuat penampilan kita selalu terlihat muda, seperti dilansir health, Minggu (12/7/2015).

1. Kopi

Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of the National Cancer Institute, kopi ternyata mengandung komponen bioaktif yang dapat mencegah penyakit melanoma atau kanker kulit. Mereka yang rutin meminum kopi setiap pagi diketahui bisa terhindar dari penyakit mematikan ini sampai kurun 10 tahun lebih lama dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah mengkonsumsi kopi sama sekali.


2. Semangka

Semangka mengandung banyak lycopene, yakni antioksidan yang memberi warna merah pada buah tersebut. Zat ini juga diketahui bisa melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar UV.

3. Delima

Biji buah delima diketahui mengandung banyak antioksidan serta vitamin C yang bisa menghindarkan kulit dari kerutan, kekeringan, serta keriput dengan menetralisir radikal bebas yang menyerang kulit. Selain itu, kandungan anthocyanins yang ditemui dalam delima juga sangat bagus untuk memproduksi kolagen, serta asam ellagic yang bisa mengurangi inflamasi.

4. Bluberi

Bluberi banyak mengandung vitamin C dan E, dua jenis antioksidan yang sangat berperan dalam menjaga kecerahan kulit, serta menghindarkannya dari pengaruh buruk radikal bebas.

5. Lobster

Lobster merupakan jenis makanan yang kaya akan zinc. Zinc inilah yang diketahui bisa menjauhkan kulit dari berbagai macam keluhan, seperti jerawat, inflamasi, serta memperbarui sel-sel kulit yang telah mati.

6. Kale

Kale merupakan jenis sayuran yang banyak mengandung vitamin K, yang bisa memperlancar peredaran darah, termasuk peredaran darah di sekitar mata. Kale juga kaya akan zat besi. Kekurangan zat besi dalam tubuh dapat menyebabkan penampilan pucat. Meski demikian, ahli menyarankan kita untuk memakan sayur kale yang sudah dimasak, bukan yang masih mentah.

7. Telur

Kandungan protein yang tinggi dalam telur sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, bahkan anggota tubuh sekecil kuku sekalipun. Telur juga mengandung biotin, yakni vitamin B yang berperan dalam menjaga metabolisme asam amino.

8. Kenari

Kacang kenari kaya akan omega 3, yakni semacam minyak alami yang membuat rambut tetap terhidrasi, serta vitamin E yang memperbaiki kerusakan rambut serta masalah kulit kepala. Selain itu, kandungan tembaga yang ditemukan pada kenari juga bisa membuat warna rambut tetap terjaga dengan baik.

(cr3/lya)