5 Kebiasaan Bisa Pertajam Daya Ingat Otak

Mengingat dengan Metodi Loci
Mengingat dengan Metodi Loci

POJOKSATU.id, JAKARTA – Sejumlah ilmuwan di Australia menyimpulkan lima hal yang bisa dilakukan untuk mempertajam daya ingat otak. Lima hal ini juga bisa terus menjaga dan mengasah kemampuan otak.

Apa sajakha itu? Berikut 5 kebiasaan yang bisa mempertajam daya ingat otak:

1. Olahraga secara teratur

Olahraga secara teratur
Olahraga secara teratur

Sebuah studi yang baru-baru ini dilakukan menujukkan olahraga secara teratur bisa meningkatkan daya ingat. Cobalah melakukan olahraga aerobik, yang sangat baik untuk mempertajam ingatan dan fungsi kognitif otak.


Tak hanya itu, sebuah studi lainnya menunjukkan gabungan antara aktivitas fisik dengan melatih otak dalam menggunakan komputer bisa meningkatkan daya ingat episodik. Daya ingat episodik biasanya sering terganggu pada penderita alzheimer.

2. Perbanyak konsumsi ikan dan sayur

Perbanyak konsumsi ikan dan sayur
Perbanyak konsumsi ikan dan sayur

Minyak ikan mengandung lemak Omega-3 yang tinggi, dikenal dengan sebutan DHA dan EPA. Kandungan ini berkhasiat untuk mengoptimalkan fungsi otak.

Tubuh manusia tidak menghasilkan terlalu banyak kandungan ini, karenanya perlu asupan makanan yang banyak mengandung lemak ini.

Sayuran dan buah-buahan segar juga memiliki zat anti oksidan yang juga dapat meningkatkan fungsi saraf-saraf otak.

3. Bersosialisasi, Jangan Terlalu Banyak Khawatir

Bersosialisasi, Jangan Terlalu Banyak Khawatir
Bersosialisasi, Jangan Terlalu Banyak Khawatir

Jaga tingkat stress Anda lewat bersosialisasi bisa memperbaiki kemampuan otak. Belajar menari, bertemu orang-orang baru, atau bermain scrabble bisa membantu meningkatkan kapasitas bagian otak yang berbeda-beda.

Memiliki keberagaman aktivitas setiap hari adalah bumbu kehidupan. Tak hanya itu, tapi juga menjadi apa yang dibutuhkan otak Anda. Kebahagiaan akan mempengaruhi juga pada kondisi fisik yang lebih sehat.

4. Miliki Tidur Berkualitas di Malam Hari

Miliki Tidur Berkualitas di Malam Hari
Miliki Tidur Berkualitas di Malam Hari

Penelitian menunjukkan lebih banyak tidur memainkan peran kunci dalam mengkonsolidasikan kenangan dengan pengetahuan baru. Karenanya, bisa membuat daya ingat lebih baik.

Tahapan tidur yang berbeda memperkuat kenangan tertentu, yang juga membantu membuang informasi yang tidak relevan. Cara terbaik untuk menghafal, misalnya adalah dengan melakukannya sedikit demi sedikit, dibandingkan dihafal semalaman.

5. Mengingat dengan Metodi Loci

Mengingat dengan Metodi Loci
Mengingat dengan Metodi Loci

Metode Loci telah banyak digunakan oleh para peserta kompetisi menghafal dunia. Metode ini sebenarnya lebih menekankan kemampuan daya ingat otak dengan dihubungkan pada sebuah lokasi atau tempat.

Misalnya, ketika kita menghafal daftar belanjaan, kita bisa mengasosiasikannya dengan rumah. Daftar belanjaan yang kita butuhkan diasosiasikan secara berurutan dari mulai pintu luar rumah hingga ke dapur.

Misalnya apel, ada di bagian halaman depan, telur ada pintu, roti atau di meja tamu, dan seterusnya.

Itulah 5 kebiasaan yang bisa mempertajam daya ingat otak.

(Australia ABC Plus/jpnn/zul)