Menikmati Indahnya Wisata Alam Tinggi Raja Kawah Biru

Menikmati Indahnya Wisata Alam Tinggi Raja Kawah Biru
Menikmati Indahnya Wisata Alam Tinggi Raja Kawah Biru

POJOKSATU.id, SIMALUNGUN – Wisata alam Tinggi Raja, Kawah Biru memang sangat indah sekali. Siapapun yang mengunjungi pulau Sumatera, tak lengkap jika tak berkunjung kesini.

Lokasi kawah putih ini terletak di Desa Dolok Tinggi Raja, Kecamatan Silau Kahean,  Kabupaten Simalungun. Berada di tengah-tengah kawasan hutan lindung, terdapat pesona bukit kapur seputih salju dengan danau air panas berwarna biru kehijauan.

Untuk mencapai lokasi Bukit Kapur, dapat ditempuh dengan jarak kurang lebih 80-90 Km dari Kota Medan, atau sekitar 3-4 jam dengan menggunakan sepeda motor tergantung kecepatan.

Ada beberapa rute yang dapat dilalui untuk menuju lokasi ini, antara lain Medan-Lubuk Pakam-Galang-Dolok Masihul-Nagori Dolok-Dolok Tinggi Raja, dan Medan-Lubuk Pakam-Galang-Bangun Purba-Dolok Tinggi Raja.


Sangat disarankan untuk memilih rute yang terakhir, karena jarak tempuh yang cukup dekat dan kondisi jalan 80% mulus.

Menikmati Indahnya Wisata Alam Tinggi Raja Kawah Biru
Menikmati Indahnya Wisata Alam Tinggi Raja Kawah Biru

Ketika memasuki wilayah Tinggi Raja, tepatnya 8 KM sebelum sampai di lokasi Bukit Kapur, jalan yang sebelumnya beraspal mulus kini berganti dengan kondisi jalan yang berbatu.

Kontur tanah berbukit, sehingga sangat diperlukan kehati-hatian dalam mengendarai kendaraan, terutama jika cuaca sedang hujan. Karena, jalan berbatu akan bercampur dengan tanah yang menjadikan jalan semakin licin.

Jika ingin mengunjungi Bukit Kapur di Tinggi Raja, sangat disarankan untuk datang di hari biasa. Sebab, jika datang pasa saat akhir pekan atau musim liburan, lokasi ini menjadi sangat ramai. Sehingga tidak leluasa untuk mengabadikan momen di Bukit Kapur Tinggi Raja menggunakan jepretan kamera.

Untuk saat ini, lokasi wisata Bukit Kapur Tinggi Raja masih sangat minim fasilitas. Seperti masih sulitnya ditemukan toilet, musala, serta lokasi parkir yang tidak dikelola dengan baik. Tarif parkir untuk sepeda motor dikenakan biaya Rp 5.000 untuk setiap motornya.

Tinggi Raja mungkin belum terkenal dibandingkan tempat wisata lain di Sumatera Utara, seperti Danau Toba atau Berastagi. Tinggi Raja merupakan kawah cantik berwarna biru dan dikelilingi undakan bukit belerang.

Walaupun sebenarnya tempat wisata ini sudah pernah populer di tahun 1980-an. Namun karena kurang promosi dan tidak dikelola dengan baik, jadi sempat terlupakan. Tapi keindahan alamnya tidak diragukan lagi.

Tinggi Raja merupakan cagar alam yang berada di Kecamatan Silau Kahean, Kabupaten Simalungun. Waktu tempuh dari kota Medan diperkirakan antara 3-4 jam.

Sebelum mencapai objek wisata Kawah Biru ini, kita harus menyusuri hutan yang ditumbuhi oleh pohon pandan besar dan berbagai flora lainnya, juga menapaki ratusan anak tangga
Rasa lelah menapaki ratusan anak tangga terbayarkan setelah melihat pemandangan yang terbentang di depan mata.

Undak-undakan bukit belerang yang putih seperti salju yang mengalirkan air panas ke kawah besar dibawahnya, membentuk kolam berwarna biru dan sangat jernih. Sehingga kelihatan sampai dasarnya. Hampir mirip dengan Pamukkale yang ada di Turki.

Tapi bukan hanya itu, di balik kawah ini  juga terdapat sungai. Di sinilah tempat orang untuk mandi-mandi karena airnya dingin.

Uniknya, di sungai ini terdapat tebing-tebing kapur yang terbentuk dari endapan belerang dengan kombinasi warna yang sangat menarik.

Terdapat gua yang membentuk kolam kecil berisi air hangat dan sangat jernih pula. Jadi bisa puas mandi-mandi setelah menikmati keindahan pemandangan alamnya. Tinggi Raja nan eksotik, akankah kau bertahan sampai puluhan tahun ke depan? (int/nik/ms/zul)