6 Makanan Dilarang untuk Ibu Hamil

Ibu hamil
ilustrasi

POJOKSATU.id, JAKARTA – Makanan yang dilarang untuk dikonsumsi oleh ibu hamil ternyata masih sering dikonsumsi oleh para ibu yang hamil muda. Padahal, jika ibu hamil tak bisa mengendalikan konsumsi makanan yang dilarang ini, akan membawa dampak buruk bagi perkembangan janin.

“Perkembangan janin dalam kandungan sangat rentan terhadap gangguan yang terjadi. Pengaruh ini bisa disebabkan dari turunan atau pola hidup sang ibu,” tutur dr. Ahma,SpOG pada pojoksatu.id, Senin (30/3).

Berikut 6 makanan pantangan untuk ibu hamil:

1. Makanan Mentah


Makanan mentah biasanya berasal dari hewan dan sayuran yang tidak dimasak atau hanya setengah matang. Makanan mentah ini mengandung bakteri, virus, dan parasit yang lebih banyak sehingga mengganggu perkembangan janin, seperti sushi dan sayuran mentah.

2. Ikan mengandung Merkuri

Pada dsarnya ikan laut memang sangat baik untuk kesehatan janin, namun anda harus berhati-hati memilih ikan laut, karena beberapa jenis ikan laut mengandung merkuri tinggi yang dapat mengganggu perkembangan otak janin seperti ikan mackerel, ikan todak, tilefish.

3.  Minuman Beralkohol

Jika ibu hamil mengonsumsi alkohol, akan menghambat asupan nutrisi dan suplay oksigen yang dibutuhkan oleh janin. Hal ini dapat mempengaruhi perkembangan otak janin dan perkembangan pembentukan fisik janin.

4.  Kafein

Penelitian menyatakan bahwa ada keterkaitan antara mengkonsumsi kafein dengan kehamilan. Mengkonsumsi kafein secara berlebihan akan berdampak buruk bagi perkembangan janin, minuman yang mengandung kafein tinggi beresiko keguguran dan bayi lahir dengan berat badan rendah atau bahkan bisa menyebabkan kematian saat lahir.

5.  Kalori Berlebih

Saat hamil, anda membutuhkan kalori namun jumlahnya tidak dalam porsi berlebihan, ini untuk menghindari terjadinya obesitas pada ibu hamil. Karena jika ibu hamil mengalami obesitas maka bayi akan beresiko bayi lahir dengan berat badan berlebih dan mengalami diabetes.

6.  Memakai baju ketat

Hindari menggunakan baju berkaret diperut atau baju yang terlalu ketat agar tidak beresiko bagi perkembangan janin. Karena baju yang ketat akan membuat janin lebih sulit berkembang. Ini dilakukan untuk kesehatan janin. (zul)