6 Cara Menghilangkan Stres Tanpa Obat

stres
Ilustrasi

POJOKSATU.id, JAKARTA – Cara menghilangkan stres tanpa obat memang jalan keluar yang baik untuk mengatasi permasalahan stress.

Hal ini karena efek samping dari obat obatan ini yang tidak baik untuk tubuh, salah dosis juga dapat mengakibatkan kerusakan fatal pada sistem otak dan cara berpikir.
Seperti dilansir dari keepo.me, berikut 6 cara atasi stres tanpa obat-obatan:

1. Tersenyum

Cobalah memaksakan diri untuk banyak tersenyum. Terlalu larut dalam kesedihan dan kemarahan tidak akan menyelesaikan permasalahan yang sedang dihadapi.


Jika pikiran terlalu sesak, cobalah untuk mengambil nafas panjang dan tersenyum. Expresi senyum bisa jadi menular pada mood sehingga sehingga rasa tertekan yang ada bisa berkurang.

2. Pijat

Tubuh manusia mempunyai hormon serotonin yang berguna sebagai anti depresan. Hormon ini dapat ditingkatkan kerjanya dengan cara memijat pangkal leher dan daerah sekitar bahu.

Bagi yang memiliki pasangan, saling memijat bisa jadi kegiatan yang menyenangkan sehingga anda akan lupa dengan stress. Jika anda single, tidak ada salahnya untuk memanggil tukang pijat profesional yang mengerti titik titik pijatan.

3. Curhat atau Sekedar Berkumpul bersama teman
Ketika banya permasalahan, terkadang seseorang membutuhkan sekedar teman curhat dimana mereka bisa meminta bantuan saran atau sebagai pendengar.

Berkumpul atau hangout bersama teman-teman bisa jadi alternatif, karena permasalahan anda mungkin bisa jadi diskusi yang menarik dan mendapatkan jalan keluar dari teman teman anda.

4. Disiplin

Dengan menyusun jadwal baru dan menaatinya bisa jadi jalan keluar untuk permasalahan. Banyak orang lebih memilih untuk berdiam diri dan menumpuk tugas daripada terus bergerak menyelesaikannya. Banyaknya tugas ataupun pekerjaan yang tertumpuk nntinya bisa membuat diri anda tertekan

5. Pola hidup sehat

Rutin berolahraga, bakan makanan bergizi baik dan perbanyak konsumsi air putih serta buah buahan. Dengan tubuh yang sehat pikiran juga ikut sehat.

6. Liburan

Pakailah liburan anda untuk melakukan apa yang anda sukai. Gunakanlah hari libur di akhir minggu utuk pergi berlibur bersama keluarga ataupun melakukan hobby anda. Dengan merefresh tiap minggu, kepenatan bekerja akan berkurang. (indopos/zul)