Makan Kenari Setiap Hari Cegah Risiko Kanker Prostat

015522_893592_kenari_getty

POJOKSATU- Siapa sangka, walaupun bentuknya kecil, kacang kenari ternyata memiliki manfaat yang luar biasa. Ya, kacang kenari memang sarat dengan manfaat kesehatan.

Salah satunya ialah membantu Anda tidur. Pasalnya, kacang kenari mengandung melatonin yang bisa mendatangkan rasa kantuk dan membantu pola tidur Anda jadi lebih teratur.

Selain itu, kacang kenari bisa membantu menurunkan berat badan, mengandung omega-3 dan mencegah irama jantung tak menentu. Nah, menurut penelitian University of California, mengonsumsi kenari juga bisa mencegah kanker prostat.


Kanker prostat adalah paling sering terjadi pada pria (setelah kanker kulit). Tetapi, bisa diobati dengan sukses. Lebih dari dua juta pria di Amerika Serikat menderita kanker prostat.

Temuan terbaru menunjukkan, kenari memotong tingkat hormon IGF-1 yang terlibat dalam proses pembentukan kanker prostat dan kanker payudara.

“Kenari adalah contoh sempurna. Walaupun tinggi lemak namun tidak mendorong pertumbuhan kanker prostat. Bahkan, kenari melakukan hal yang berlawanan ketika diumpankan ke tikus,” kata peneliti Dr. Paul Davis, seperti dilansir laman Daily Mail, Kamis (26/3).

Penelitian lain juga telah menemukan bahwa kenari mengurangi kematian akibat kanker. Studi baru yang dipublikasikan dalam Journal of Medicinal Food. (fny/jpnn)