Ini Latar Belakang Film Danum Baputi

Film Danum Baputi
Film Danum Baputi

POJOKSATU.id, BOGOR –   Latar belakang film Danum Baputi ini diawali karena adanya keprihatinan tentang lingkungan hidup yang setiap harinya sudah mulai rusak, dan usaha mengajak masyarakat untuk menyadari serta peduli pada lingkungannya.

Film yang banyak melibatkan generasi muda sebagai orang-orang yang bertanggung jawab menjaga lingkungan ini seolah memberi peringatan bahwa mata air akan habis bila manusia tidak segera bertindak untuk melestarikannya.

Ditemui usai nonton bareng pemutaran pertama film Danum Baputi di Bogor Trade Mall (BTM), Kamis (26/3), produser film, Abi Yayang mengatakan bahwa ide pembuatan awal film ini tercetus karena keprihatinan terhadap alam yang sudah banyak rusak.

“Menghimbau untuk generasi muda agar menjaga lingkungan. Lewat pembicara, itu kan sudah biasa, makanya buat dengan film agar ada daya tariknya untuk kaum muda. Dari sebuah cerita, harapannya bisa merubah sudut pandang kaum muda lebih peduli pada lingkungan,” terangnya pada pojoksatu.id, Kamis (26/3).


Film yang digarap selama kurang lebih satu tahun ini merupakan bentuk kerjasama peduli lingkungan antara bunda Ully (aktivis lingkungan juga pembuat sountrack film Danum Baputi) dengan Abi Yayang, sang produser film.

“Pembuatan film memakan waktu kurang lebih satu bulan, namun kami sudah mulai menggarap film ini sejak akhir tahun 2013,” jelas Abi.

Abi juga mengatakan bahwa dalam pembuatan film ini tantangannya yaitu beradaptasi dengan alam liar, binatang buas, dan cuaca yang mesti sesuai dengan kebutuhan latar pembuatan film.

“Film ini memakai latar dari 5 hutan seperti, Gunung Gede Pangrango, Gunung Walad, Gunung Situgunung, Gunung Bundar, dan Gunung Hambalang. Memang cukup menarik, banyak masyarakat yang antusias menonton film ini,” tambanya. (gs/zul)