Sejuta Manfaat Kulit Buah Manggis

Ilustrasi. Foto: net

POJOKSATU.id, JAKARTA –  Kulit buah manggis memiliki berjuta-juta manfaat untuk kesehatan. Itu yang disampaikan Direktur PT Optimal Natural Efektif (PT ONE), Taswan Wimalaputra saat pameran jamu dan kosmetik di Kementrian Industri belum lama ini.

Dia menyebutkan dalam buah manggis terutama pada bagian kulit buahnya terdap zat anti oksidan yang sangat kuat dengan kandungan hampir 10 kali lipat dari kandungan antioksidan yang berasal dari buah-buahan lainnya.

“Nama anti oksidan tersebut yaitu Xanthone,dimana anti oksidan ini mampu menghambat pertumbuhan sel kanker dan mampu melindungi sel dari serangan radikal bebas penyebab berbagai gangguan penyakit, sehingga komoditas ini sangat dicari oleh kalangan farmasi untuk diekstrak dan dijadikan bahan baku obat herbal,” jelas Taswan.

Dia mengatakan kulit buah manggis dapat membantu kita terhindar dari penyakit kanker,darah tinggi,diabetes,prostat,penyakit paru,ginjal dan lain-lain. Maka itu manggis dikenal sebagai “ratu buah”, sebagai pasangan durian, si “raja buah”.


Manggis berkerabat dengan kokam, asam kandis dan asam gelugur, rempah bumbu dapur dari tradisi boga India dan Sumatera.

“Kita sering makan buah ini, tetapi cuma bagian dalamnya aja yaitu dagingnya saja dan sering kita buang kulitnya, tetapi dibalik itu terdapat manfaat – manfaat yang ada dalam kulit manggis,” ujarnya.

Sayangnya, kata Taswan, banyak masyarakat Indonesia yang kurang paham khasiat kulit buah manggis sehingga mereka kebanyakan hanya mengkonsumsi daging buahnya saja.

“Alasannya macam-macam,ada yang bilang pahit, sepet, dan lainnya. Padahal, sudah banyak ramuan herbal baik berupa pil atau sirup olahan dari kulit manggis,” katanya.

Misalnya, produk andalan PT ONE yakni Pomaxy. Pomaxy mengandung ekstrak kulit manggis dan ekstrak kulit delima.

Lebih jauh dijelaskan Taswan, tiap kapsul Pomaxy mengandung ekstrak Garcinia Mangostana Pericarpium 300 miligram (mg) dan ekstrak Punica Granatum 250 miligram.

“Jadi, keunggulan produk kami sehingga berbeda dengan produk kompetitor lain yakni kami mencampurnya dengan ekstrak kulit delima yang juga sangat tinggi antioksidannya,” tutur Tawan.

Taswan menuturkan mengapa kita perlu mengkonsumsi Pomaxy secara teratur. Antara lain, karena Pomaxy tadi mengandung ekstrak kulit manggis dan ekstrak kulit delima yang merupakan kombinasi sangat ideal.

“Zat-zat aktifnya yang sangat baik untuk memelihara kesehatan tubuh dan kecantikan kulit,” katanya.

Beberapa khasiat Pomaxy, kata Taswan, antara lain mengandung antioksidan yang membantu meningkatkan daya tahan dan melindungi tubuh serta mencegah dari resiko timbulnya penyakit.

Antioksidan ini berguna untuk menetralisir efek dari radikal bebas, meningkatkan imunitas dan mempercepat proses perbaikan sel.

“Nanti tubuh Anda akan terasa segar terus,” katanya.

Satu lagi, lanjut Taswan, Pomaxy juga membantu menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Kulit terasa lembut, tampak cerah, sehat bersinar, dan tampak awet muda. “Awet muda adalah manfaat yang banyak sekali diinginkan wanita,” katanya.

Zat aktif ekstrak kulit delimanya terstandar yang memiliki khasiat untuk mengurangi anti inflamasi dan menghindari iritasi berlebih pada kulit akibat eksposur radikal bebas dan kegiatan bakteri/jamur.

Pomaxy, tambah Taswan, mengandung Xanthone yakni zat aktif ekstrak kulit manggis yang kaya antioksidan tinggi. Xanthone dikenal secara ilmiah sebagai antioksidan tinggi yang bisa menangkal dan mencegah radikal bebas. (vit/zul)

Manfaat Kulit Buah Manggis :

Memperkuat sistem kekebalan.

Menyembuhkan peradangan.

Memperbaiki komunikasi antar sel.

Mengagalkan kerusakan DNA.

Alat bantu sistem getah bening.

Memelihara optimal fungsi kelenjar gondok.

Mengurangi resistensi insulin.

Membantu penurunan berat badan.

Menyembuhkan kerusakan urat syaraf.

Menyeimbangkan sistem kelenjar endokrin.

Alat bantu dari sinergi tubuh.

Meringankan wasir.

Membantu menurunkan kadar gula dalam darah (hypoglycemia).

Meringankan penyakit kulit kemerah-merahan/bersisik (psoriasis).