6 Jenis Pelindung Layar Ponsel

Layar handphone
ilustrasi
Layar handphone
ilustrasi

POJOKSATU.id, JAKARTA – Jenis pelindung layar ponsel yang sesuai dengan kebutuhan ponsel anda sangatlah beragam. Di pasaran sudah banyak sekali berbagai macam jenis produk pelindung layar ponsel. Namun, banyak yang masih bingung menentukan jenis pelindung layar ponsel yang aman dan nyaman untuk digunakan.

Berikut 6 jenis pelindung layar ponsel sesuai kebutuhan anda dan yang nyaman untuk digunakan:

1. Bening

Inilah jenis pelindung layar yang paling awal tersedia di pasar. Lembaran pelindung layar itu bening alias jernih. Seiring kian maraknya penjualan pelindung layar, muncul beragam istilah baru. Mulai dari clear, crystal clear, superclear, hingga ultraclear. Intinya sama sih: bening.


2. Mirror

Disebut mirror karena pelindung layar tersebut mengilap sehingga dapat dipakai untuk becermin. Pemakaian pelindung layar mirror sebenarnya membuat pandangan mata ke layar menjadi kurang nyaman. Meskipun demikian, praktiknya tetap saja ada pengguna yang menyukai pelindung layar mirror. Ya, kebanyakan penggemarnya pengguna wanita berusia belasan tahun sampai 20-an tahun.

3. Antiglare

Selain memproteksi layar, pelindung layar antiglare berfungsi mengurangi pantulan cahaya. Di satu sisi ia menarik karena membuat tampilan layar lebih teduh kala dipandang mata. Tidak silau. Namun, di sisi lain, pelindung layar antiglare membuat layar terlihat kurang cemerlang.

Sebagian pelindung layar jenis antiglare mampu meminimalkan menempelnya “minyak” dari wajah/pipi pengguna usai bersentuhan dengan layar ponsel. Dipicu hal itu, pelindung layar antiglare sering pula disebut pelindung layar antiminyak.

4. Antispy

Dinamakan pelindung layar antispy atau pelindung layar dengan proteksi privasi (privacy protection screen protector) karena ia membuat layar gawai sulit diintip. Bila dilihat dari samping hanya terlihat gelap.

Tampilan layar baru jelas kalau posisi mata dan layar gawai relatif berhadapan dan tegak lurus. Konsekuensi memakai pelindung layar antispy, tampilan layar cenderung agak buram. Sebagian orang malahan mengaku pusing saat menatap layar ponsel yang telah dilapisi pelindung layar antispy.

5. Tempered glass

Pelindung layar jenis tempered glass berbahan baku kaca. Tampilan layar ponsel akan terlihat jernih dan cemerlang. Sapuan jari ke layar terasa lebih lancar sekaligus licin. Sama sekali tak tersendat.

Kelebihan lain tempered glass, permukaan layar menjadi relatif lebih tahan terhadap goresan. Noda yang menempel di permukaan layar, atau lebih tepatnya permukaan pelindung layar, juga sangat mudah dibersihkan.

6. Liquid screen protector

Sesuai namanya, pelindung layar ini berupa cairan. Setelah dioleskan, disapukan secara merata, lalu mengering, cairan tersebut diyakini akan melapisi dan melindungi permukaan layar ponsel. Pelindung layar itu biasanya hanya akan berfungsi sempurna bila digunakan di permukaan layar yang terbuat dari kaca. (herry sw/Nyata/zul)