4 Hal Sederhana Cegah Pikun

pikun
ilustrasi

POJOKSATU.id, JAKARTA – Pelupa, ini yang sering diderita oleh kebanyakan orang berusia lanjut. Namun, banyak juga yang berusia muda tapi sering lupa. Sebenarnya sangat mudah untuk mencegah kepikunan.

“Pikun disebabkan oleh kerusakan sel-sel otak. Akibatnya terjadi penurunan daya ingat. Kondisi ini bisa berlangsung cepat atau lambat, tergantung pada kerusakannya,” jelas Dr. Sukono Djojoatmodjo, Sp.S.

Nah, berikut ini hal sederhana untuk mencegah kepikunan:

1. Olahraga otak


Seperti halnya olahraga fisik, yang bisa membuat tubuh kuat dan sehat, olahraga otak pun bisa menjaga daya ingat tetap tajam. Karena itu, olahragakan otak Anda dengan membuatnya terus aktif.

Sebab, otak yang aktif akan memperbanyak percabangan saraf. Dengan cabang saraf yang makin banyak, komunikasi antarjaringan otak bisa makin cepat dan tepat. Hasilnya, daya ingat menajam.

Olahraga otak yang bisa dan mudah dilakukan:

a. main musik instrumental, scrabble, dan puzzle
b. berinteraksi dengan orang lain
c. memulai karir baru
d. melakukan aktivitas yang menantang
e. mempelajari bahasa asing
f. membaca buku dan majalah

2. Olahraga fisik

Olahraga merangsang aliran darah, termasuk yang menuju ke otak, sehingga nutrisi dan oksigen yang mengalir ke otak tercukupi.
Karena itu, lakukan olahraga secara teratur, terutama aerobik, jalan cepat, bersepeda, dan berenang.

3. Makanan dan minuman

Makan lebih banyak sayur dan buah-buahan, terutama yang kaya antioksidan, akan melindungi jaringan otak dari penuaan dini.
Cegah pula dehidrasi, yang bisa membuat otak lelah dan membuyarkan konsentrasi, dengan minum banyak air, sekaligus mengurangi konsumsi kopi dan soft drink.

4. Cek kesehatan

Cek kesehatan secara teratur harus Anda lakukan. Pemeriksaan fisik, tekanan darah, kadar kolesterol dan gula darah, serta berbagai pemeriksaan lain yang dianjurkan dokter, bila dilakukan secara teratur, akan mendeteksi secara dini penyakit penyebab gangguan memori, seperti stroke, tumor otak, dan alzheimer. (Nyata/zul)