Hati-hati, Ini Bahaya Pakai Lensa Mata

lensa mata
Ilustrasi
lensa mata
Ilustrasi

POJOKSATU.id, JAKARTA – Hati-hati menggunakan lensa kontak, produk yang awalnya untuk pengganti kacamata dan kini bergeser menjadi produk kecantikan. Soalnya, peredaran lensa kontak tak berizin menambah daftar panjang masalah  yang disebabkan lensa kontak.

Selain soal legalisasi, kebersihan lensa kontak juga menjadi faktor utama penyebab gangguan pada mata. Lensa kontak yang kotor, menjadi sarang kuman dan bakteri sehingga menyebabkan infeksi. Infeksi yang terus-menerus dibiarkan, akan membuat kornea mata berlubang.

“Banyak sekali kasus pasien yang gara-gara pakai lensa kontak sembarangan korneanya berlubang. Bahkan, ada kasus parah, sampai jebol. Kami terpaksa mengambil bola matanya, agar infeksi tidak menjalar ke mata sebelahnya,” ungkap dr  Baswara NEW SpM, dokter spesialis mata di RSUD AW Sjahranie, Samarinda seperti dilansir Kaltim Post (Grup pojoksatu.id).

Begitu mengerikannya dampak penggunaan lensa kontak yang tidak bersih, membuat Baswara mengingatkan warga agar tidak sembarangan merawat dan membeli lensa kontak.


“Lensa kontak ini berhubungan langsung dengan mata. Kalau tidak terlalu perlu tidak usah menggunakan lensa kontak. Lebih baik pakai kacamata saja,” paparnya.

Baswara juga selalu mengingatkan selalu mencuci tangan sebelum menggunakan lensa kontak. Selain mencuci tangan, juga harus mencuci lensa kontaknya. Kata dia, lensa kontak memang merupakan alat bantu untuk penglihatan. Namun, penglihatan yang sempurna membutuhkan kornea yang sehat.

Sehingga, kornea membutuhkan asupan oksigen yang tinggi. Ketika kornea tidak mendapatkan oksigen yang cukup, gejalanya tidak dirasakan secara langsung oleh pengguna lensa kontak, melainkan hanya dapat diketahui melalui pemeriksaan dokter mata.

Gejala baru bisa dirasakan penderita, ketika mata sudah masuk pada tahap  kekurangan oksigen berat.

Pada tahap ini penderita akan mengalami mata merah, silau, penglihatan buram atau mata bengkak.  Bila gejala ini berlangsung terus-menerus. Maka, mata akan lebih mudah terkena infeksi. (*/nyc/far/k8/zul)