9 Makanan Diet Sehat Alami

diet
ilustrasi
Diet DASH
Diet DASH

POJOKSATU.id, JAKARTA –¬†Makanan diet sehat banyak jenisnya, namun yang paling baik yaitu makanan diet sehat yang alami. Apa sajakah makanan itu?

Berikut 9 makanan diet sehat dan alami:

1. Minyak Zaitun

Salah satu sumber terbaik lemak baik dan menyehatkan (lemak jenuh tunggal atau monosaturated fat) adalah minyak zaitun. Selain itu, minyak zaitun juga kaya akan antioksidan yang sangat baik untuk memerangi efek penuaan.


Minyak zaitun harus dikonsumsi dalam jumlah moderat, artinya tidak kurang tapi juga tidak berlebih. Itu berarti Anda cukup mengonsumsi satu sendok minyak zaitun, karena minyak itu mengandung banyak kalori. Yang jelas, minyak zaitun adalah makanan super yang sangat baik.

2. Ikan salmon

Selain enak, ikan salmon juga merupakan sumber asam lemak Omega-3 dan protein yang sangat baik. Kedua bahan tersebut sangat baik bagi siapa pun yang menjalani gaya hidup aktif dan latihan secara teratur. Protein berguna untuk membangun jaringan otot, sedang asam lemak Omega-3 membantu proses pemulihan.

3. Pisang

Pisang dikenal mengandung tinggi kalori, sehingga dicap buruk karena dianggap menggemukkan. Padahal, sebenarnya tidak. Bahwa pisang mengandung kalori tinggi dibanding buah-buahan lainnya memang betul.

Tapi, para petenis banyak makan pisang selama turnamen bukan tanpa alasan. Buah itu merupakan sumber energi yang sangat baik untuk langsung digunakan dan membuat tubuh jadi lebih kuat untuk menjalani latihan apa pun yang membutuhkan banyak energi.

4. Teh Hijau

Teh, terutama varietas hijau, adalah tanaman yang kaya akan antioksidan, terutama jenis katekin. Katekin dikenal tidak hanya berkhasiat menunda proses penuaan, tetapi juga telah terbukti mampu melindungi tubuh terhadap berbagai penyakit jantung dan penyakit lainnya.

Para ahli gizi menganjurkan kita untuk minum 1 cangkir teh hijau setiap hari. Dan, bila ingin minuman teh hijau yang manis, jangan menggunakan gula, tapi lebih madu saja.

5. Keluarga Beri-berian

Keluarga buah beri adalah salah satu buah favorit yang cocok untuk makanan ringan yang menyehatkan. Blueberry dan cranberry, misalnya, kaya akan antioksidan, rendah kalori, dan dapat menambahkan rasa manis alami untuk hidangan apapun.

Buah dari keluarga beri-berian ini sangat cocok untuk dimakan bersama yogurt dan branflakes. Jika Anda sedang mencari makanan yang tepat untuk menggantikan cokelat batangan, atau memerlukan suatu makanan manis yang tidak akan merusak upaya Anda mendapatkan perut rata, beri-berian adalah solusi tepat. Dan salah satu yang terbaik adalah Goji Berry.

6. Telur

Telur adalah sumber protein rendah-lemak yang sangat baik. Itu karena kandungan protein rendah-lemaknya sangat tinggi.

Telur juga merupakan makanan yang enak dan sangat mengenyangkan, yang berarti bahwa telur cenderung membuat Anda kenyang lebih lama sehingga sangat tepat untuk setiap program penurunan berat badan berbasis pengurangan lemak tubuh.

Sebagian orang menghindari kuning telur samasekali hanya karena khawatir dengan kandungan kolesterolnya, tetapi sebenarnya kuning telur memiliki banyak bahan bermanfaat. Secara keseluruhan, telur adalah makanan yang penting, murah, dan sangat bergizi.

7. Brokoli

Brokoli adalah sumber yang kaya asam folat yang membantu untuk mencegah penyakit jantung. Sayuran hijau tua ini mengandung vitamin C dan banyak antioksidan. Brokoli juga dianggap sebagai sayuran anti-kanker yang sangat baik.

8. Yogurt Rendah-Lemak

Yogurt adalah sumber kalsium yang memperkuat tulang, kalium, dan protein. Yogurt disukai karena bisa dimakan bersama apa saja.?Anda dapat membubuhi yogurt Anda dengan kacang-kacangan, buah, branflakes, dan menciptakan makanan yang sehat, lezat, dan bergizi dalam waktu seketika.

Pastikan makan yogurt rendah lemak tanpa bahan penambah rasa, pewarna ataupun pemanis buatan. Bahan-bahan tambahan itu hanya akan merusakkan semua nilai kebaikan yogurt.

9. Makanan dari Biji-bijian Utuh

Seluruh gandum-ganduman atau biji-bijian adalah makanan yang sangat baik dan mengenyangkan (mampu membuat Anda kenyang lebih lama). Makanan ini banyak mengandung serat bergizi dan kaya protein serta mineral.

Makanan dari gandum utuh di antaranya meliputi aneka roti dari gandum utuh, sereal, oatmeal, dan sebagainya. Sebaiknya Anda menyajikan makanan dari gandum utuh untuk sarapan, karena ini akan membuat Anda tetap bersemangat sepanjang hari. (Nyata/zul)