Tips Hilangkan Selulit dengan Cara Alami

selulit massage
selulit massage
selulit massage
selulit massage

POJOKSATU.id, JAKARTA – Hilangkan selulit dengan cara alami merupakan pilihan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit. Seperti dikatakan dr. Deby Susanti Vinski AAMS, selulit bisa terjadi karena konsumsi makanan yang tidak tepat.

Karena itu, selain dengan olahraga secara teratur, cara efektif yang bisa dilakukan untuk mencegah dan mengurangi munculnya selulit dengan memperhatikan konsumsi makanan yang benar.

Lalu, bagamanakah cara menghilangkan dan mencegah munculnya selulit? Berikut tips dr. Putu Susari Widianingsih SpKK dan dr. Deby Susanti Vinski AAMS menghilangkan dan mencegah selulit secara alami:

1. Hindari Makanan Pemicu Selulit


Beberapa makanan yang perlu dihindari untuk mencegah munculnya selulit antara lain:

a. Makanan Bergula Tinggi

Dijelaskan Putu, mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung banyak gula bisa menyebabkan mengerasnya kolagen. Hal itu menyebabkan aliran darah jadi terhambat. Terganggunya aliran darah ini tentu bisa menyebabkan selulit, karena lemak terjepit di antara otot-otot.

b. Makanan Bergaram Tinggi

Mengonsumsi makanan yang banyak mengandung garam akan menyebabkan tubuh bereaksi menghilangkan kelebihan garam tersebut dengan cara menahan cairan dalam tubuh.

”Cairan ini bisa tembus keluar pembuluh darah dan tertahan di jaringan di sekitarnya. Akibatnya bisa timbul bengkak sehingga selulit muncul.,” jelas dr. Deby. Karena itu, ia menyarankan agar konsumsi garam tidak lebih dari lima gram per hari.

c. Lemak Jenuh dan Trans

Lemak jenuh dan trans dalam sekejap bisa melipatgandakan jumlah radikal bebas. Lemak jenuh umumnya ditemukan dalam produk hewani, seperti daging dan full-fat dairy products.

Sedang lemak trans terdapat dalam margarin. Karena itu, batasi konsumsi lemak jenuh tidak lebih dari 10 persen, sedang lemak trans hingga kurang dari 30 persen dari asupan energi harian.

2. Perhatikan Aturan Makan

Selain memperhatikan makanan yang perlu dikonsumsi dan dihindari untuk mencegah dan mengurangi selulit, yang juga perlu diperhatikan adalah pengaturan jumlah yang dikonsumsi, seperti:

a. Porsi Kecil tapi Sering

Makan lebih sering dengan porsi kecil lebih baik ketimbang jarang makan tapi dengan porsi besar. Sebab, jarang makan tapi begitu makan porsinya relatif besar, justru akan menimbulkan rasa lapar secara psikologis.

b. Makan Banyak Protein

Makanlah protein minimal tiga kali dalam sehari. Ini membantu menstabilkan kadar gula darah lebih lama, sehingga terhindar dari keinginan ngemil makanan manis.

c. Makan Buah-Sayur Setiap Hari

Makanlah buah dan sayur setiap hari untuk mencegah munculnya selulit.

d. Minum Minuman Bebas Kafein

Minumlah minimal delapan gelas air putih sehari untuk membantu menyehatkan dan melembabkan kulit. (nyata/indopos/zul)