9 Tips Bikin Rambut Tumbuh Lebih Cepat

Ilustrasi rambut
Ilustrasi rambut
Ilustrasi. Foto: Net
Ilustrasi. Foto: Net

POJOKSATU.id – Gangguan yang sering dialami rambut selain rontok, untuk menumbuhkan rambut juga dirasa cukup sulit dan membutuhkan waktu lama. Namun jangan khawatir, bagi yang mengalami hal tersebut, mungkin tips ini bisa menjadi solusi atas masalah tersebut.

Nah sedikitnya ada 9 tips atau cara yang bisa membuat rambut tumbuh lebih cepat. Apasaja tips tersebut, seperti dikutip lookdamngood.com, Senin (23/3).

1. Bawang Merah

bawang merah


Bawang merah sudah dipercaya dari dulu dapat merangsang pertumbuhan rambut. Meskipun baunya tidak enak, namun manfaat bawang merah sangat bagus untuk rambut. Bawang merah mengandung kolagen yang dapat merangsang produksi sulfur sehingga rambut akan tumbuh lebih cepat. Caranya cukup dengan meletakkan bawang yang sudah diblender di atas kulit kepala. Diamkan selama 15 sampai 20 menit, dan bilas dengan air hingga bersih.

2. Cuka Apel

Jika Anda tidak terlalu suka dengan aroma bawang merah, Anda bisa menggantinya dengan cuka apel. Cuka apel sangat bagus untuk membersihkan kulit kepala dari kotoran. Sebelum melakukan treatment ini, basahi rambut Anda dengan air. Kemudian campurkan cuka apel dengan beberapa tetes air sebelum diaplikasikan ke kulit rambut. Cukup campurkan cuka apel dan air dalam wadah dengan perbandingan 1:10. Kemudian gunakan untuk keramas.

3. Telur

Ilustrasi. Foto: net

Selain bisa digunakan untuk memasak dan perawatan kulit muka, telur ternyata juga dapat digunakan untuk mempercepat pertumbuhan rambut. Protein yang terkandung dalam telur sangat dibutuhkan rambut untuk menguatkan akar rambut dan merangsang pertumbuhan rambut. Cara yang bisa dilakukan pun cukup mudah, ambil kuning telur dan tambahkan dengan sedikit minyak zaitun dan madu. Aduk sampai tercampur rata, kemudian gunakan sebagai masker rambut. Diamkan selama 15 sampai 20 menit, dan bilas dengan sampo dan air hingga bersih.

4. Rosemary Oil

Meskipun minyak yang diperoleh dari bunga rosemary ini dapat melebarkan pembuluh darah, namun efek yang dihasilkan cukup baik. Sirkulasi darah dalam kulit kepala akan menjadi lancar. Aliran darah yang lancar akan membuat proses pertumbuhan rambut menjadi semakin baik. Cara mengaplikasikannya pun cukup mudah, cukup campurkan minyak rosemary dengan shampo yang akan Anda gunakan untuk keramas. Pijat secara perlahan kemudian bilas. Anda juga bisa menambahkan minyak zaitun agar rambut menjadi berkilau.

5. Kentang

Kentang

Kentang mengandung vitamin A, B dan C yang sangat dibutuhkan untuk memperkuat akar rambut. Caranya pun cukup mudah, cukup aplikasikan kentang yang sudah diblender ke kulit kepala. Pijat secara perlahan dan bilas dengan shampoo.

6. Memotong rambut

Mungkin hal ini kedengaran sangat aneh. Mengapa harus memotong rambut jika kita ingin memanjangkannya. Namun memotong rambut ternyata dapat menstimulasi pertumbuhan folikel dalam rambut yang mungkin terhambat akibat ujung rambut yang bercabang.

7. Cabai Merah

cabe besar

Tidak hanya bermanfaat untuk menurunkan berat badan, cabai merah yang mengandung zat capsaicin ini juga bermanfaat untuk mempercepat pertumbuhan rambut. Capsaicin merupakan semacam zat yang dapat membakar lemak dan kalori dalam kulit (termasuk kulit kepala). Caranya, cukup campurkan bubuk cabai merah dengan sedikit minyak zaitun. Kemudian gosokkan perlahan pada kulit kepala. Setelah itu bilas dengan air dingin untuk menghilangkan efek pedas yang timbul.

8. Santan

Santan memiliki manfaat yang sama dengan kentang. Santan mengandung banyak protein, potassium, dan asam lemak yang dapat melindungi rambut dari kerusakan. Shampo yang mengandung santan juga banyak ditemui di toko.

9. Minyak Jarak

3213903_minyakjarak

Minyak jarak merupakan bahan makanan yang kaya akan protein dan nutrisi lain yang sangat diperlukan rambut. Jintan hitam dapat memperkuat akar rambut, mencegah kerusakan, dan mencegah rambut bercabang. Siapkan minyak jarak dalam mangkok dan hangatkan sebentar dalam microwave. Kemudian pijatkan pada kulit kepala secara perlahan. Diamkan selama 15 sampai 20 menit sebelum dibilas.(cr3/lya)