Waspada, Ngupil Sebabkan Penyakit Berbahaya

Ngupil
Ilustrasi
Ngupil
Ilustrasi

POJOKSATU.id, JAKARTA – Ngupil yang menjadi kegemaran sebagian orang ternyata perlu diwaspadai. Dokter Emmy Pramesthi SpTHT-KL menuturkan, meski menyenangkan, ngupil bisa mengakibatkan infeksi pada hidung.

Menurut dia, upil atau kotoran hidung terjadi karena lendir atau sekret yang mengering. ’’Nah, lendir itu berfungsi melembapkan hidung,’’ terang Emmy.

Hidung yang dilapisi membran mukosa secara otomatis akan terus mengeluarkan lendir yang berfungsi menghalau debu dan kotoran yang masuk ke hidung (penyaring). Karena hidung merupakan rongga lalu lintas udara, lendir pun bisa mengering.

Lendir yang mengering tersebut akan menghasilkan sensasi gatal dan iritasi di hidung. Hal itulah yang sering membuat tangan terus mengorek-ngorek hidung alias ngupil.


Lebih lanjut, dokter yang berdinas di RS Husada Utama itu menjelaskan, dalam hidung terdapat beberapa organ penting. Rongga hidung manusia dipisahkan oleh sekat hidung.

Selain itu, di rongga hidung ada mukosa yang melapisi epitel torak yang ditumbuhi silia atau rambut kecil (bukan rambut hidung). Dalam rongga hidung, silia berfungsi menangkap dan mengeluarkan debu atau benda asing yang masuk ke rongga hidung.

Nah, saat ngupil, tanpa sadar orang kadang terlalu asyik sehingga jari masuk terlalu dalam dan bisa merontokkan silia. Bahayanya tanpa silia, kuman, virus, dan bakteri dengan leluasa bisa masuk ke dalam tubuh. Akibatnya, tubuh jadi rentan terkena infeksi.

Emmy melanjutkan, jari-jari yang masuk ke hidung pun tak luput dari kuman dan virus. Kuman dan virus itu bisa ikut terbawa masuk ke tubuh dan menimbulkan penyakit, misalnya flu. Karena itu, tak heran orang yang hobingupil tanpa membersihkan jemarinya bisa rentan sakit.

Bukan hanya jari, kuku yang panjang pun bisa membahayakan hidung. ’’Rongga hidung bisa luka kalau terkena kuku yang panjang,’’ terangnya.

Emmy menjelaskan, di rongga hidung juga terdapat pembuluh darah. Bila kuku mengenai pembuluh darah, bisa memicu terjadinya mimisan atau miningitis.

Menurut dia, kadang dengan semangat menghilangkan rasa gatal, seseorang memasukkan jari terlalu dalam ke rongga hidung. Tanpa sadar, jemari itu bisa menyentuh sinus bagian dalam yang berdekatan dengan otak. Hal itu sangat berbahaya karena bisa mengakibatkan meningitis.

Dokter berhijab itu menyarankan agar ngupil bisa tetap asyik tanpa sakit. Caranya, bersihkan jari terlebih dahulu. Selain itu, jangan terlalu ’’bernafsu’’ mengorek upil terlalu dalam. Sebab, bisa mengacaukan fungsi organ dalam rongga sebagai penghalau kuman, bakteri, dan virus. Kita juga bisa menggunakan spray khusus (saline nasal spray) untuk melembapkan rongga hidung agar lendir tak mengering. ’’Yang penting rasa gatal hilang,’’ sambungnya. (bir/c17/nw/zul)