Silica Gel, si Mungil yang Menyimpang Segudang Manfaat

Ilustrasi. Foto: ist
Silica Gel menyimpan segudang manfaat
Ilustrasi. Foto: ist

POJOKSATU.id – Silica Gel. Si mungil ini biasa ditemukan di tas, dompet, sepatu maupun sandal yang baru saja dibeli itu, ternyata menyimpan segudang manfat yang jarang diketahui. Bahkan kebanyakan orang akan langsung membuang silica gel, saat mengetahui si mungil itu ada di barang-barang yang baru dibeli tersebut.

Karenanya mulai dari sekarang, biasakan menyimpan silica gel yang memiliki sifat desiccant, yakni menyerap kandungan air di dalam udara. Berikut beberapa manfaat yang bisa kita ambil dari si mungil silica gel, yang dikutip dailymail.co.uk, Senin (23/3).

1. Menghilangkan Bau

Meletakkan silica gel ke dalam tas atau loker sangat bermanfaat untuk mengurangi bau yang disebabkan karena lembap. Silica gel juga dapat digunakan untuk menghilangkan bau kaki pada sepatu.


2. Mengawetkan Bunga

Silica gel dikenal dapat mengeringkan bunga sehingga tidak cepat layu. Bunga biasanya mengandung unsur kelembapan yang tinggi, apalagi bunga yang baru dipetik. Silica gel dipercaya dapat mempercepat proses pengeringan tanpa membuatnya layu. Cobalah dengan meletakkan 4 kantong kecil silica gel ke dalam rangkaian bunga di rumah Anda.

3. Mencegah Korosi

Karena lembap, perak biasanya mudah sekali terkena korosi sehingga warna perak yang dulunya berkilau menjadi hitam. Untuk menghindarkan perhiasan perak Anda dari korosi, caranya cukup dengan meletakkan silica gel di kotak tempat menyimpan perhiasan.

4. Mata Pisau Tajam Lebih Lama

Meletakkan silica gel di dekat mata pisau yang biasa digunakan untuk mencukur ternyata dapat memperpanjang usia mata pisau itu sendiri. Kandungan air dalam udara akan diserap oleh silica gel sehingga mata pisau tetap kering dan tak mudah tumpul.

5. Meghilangkan Bau Apek pada Buku

Sebagian orang mungkin menyukai aroma buku-buku tua yang sudah lama tersimpan, sebagian yang lain tidak. Kelembapan adalah faktor utama yang menyebabkan buku mengeluarkan bau apek. Dengan menambahkan silica gel di rak buku atau di tas tempat Anda menyimpan buku, bau apek dari buku tersebut perlahan akan hilang.(cr3/lya)