Hati-Hati, 7 Kebiasaan Ini Bikin Kita Cepat Tua

Ilustrasi. foto: net
Ilustrasi. foto: net
Ilustrasi. foto: net

POJOKSATU.id –  Tua sebelum waktunya, tentunya harus diwaspadai. Karenanya, banyak hal yang harus dihindari agar kita tidak merasa tua sebelum waktunya. Nah jika sudah mengalami tersebut, ada baiknya menghindari berbagai hal berikut, terutama berbagai kebiasaan di bawah ini.

Berikut 7 hal atau kebiasaan ini bisa membuat kita cepat tua sebelum waktunya. Apa saja kebiasaan-kebiasaan tersebut, seperti dikutip health.com, Senin (23/3).

1. Terlalu sibuk

ilustrasi terlalu sibuk


Terlalu banyak pekerjaan dapat membuat stress dan menimbulkan kerutan di wajah. Stress yang berlebihan dapat memicu timbulnya radikal bebas, ketidakstabilan pertumbuhan molekul dalam tubuh yang mengakibatkan rusaknya sel dan membuat kita tampak tua sebelum waktunya.

2. Mengkonsumsi Makanan Manis

Disamping membuat gemuk, makanan yang manis juga ternyata dapat membuat kita menjadi tua. Zat yang terkandung dalam gula akan mengikat protein dan serat dalam sel tubuh. Proses yang disebut sebagai glikasi ini dapat mengakibatkan munculnya lingkaran hitam di sekitar mata, kerutan di wajah, dan pori wajah membesar.

3. Kurang Tidur

Kurang tidur tidak hanya dapat menyebabkan timbunya area gelap di sekitar mata, tetapi juga dapat meningkatkan resiko berkurangnya harapan hidup, ungkap Dr. Casciari dari St. Joseph’s Hospital. Sebaiknya, sediakan waktu tidur minimal 7 jam dalam sehari.

4. Terlalu Banyak Duduk

akibat-terlalu-banyak-duduk

Terlalu banyak duduk dapat membuat kita menjadi cepat tua. Penyebabnya adalah, ketika kita duduk lebih dari 30 menit, tubuh kita kan memasok gula ke dalam sel tubuh sehingga kita akan menjadi cepat gemuk, dan menyebabkan munculnya kerutan di wajah dan lingkaran hitam di sekitar mata.

5. Terlalu Banyak Make-up

Terlalu banyak make-up ternyata dapat mempercepat proses penuaan. Penggunaan make-up yang berlebihan akan menyumbat pori dan menyebabkan luka. Selain itu, terlalu sering menggunakan make-up juga akan membuat kulit kering dan cepat keriput karena minyak alami yang dihasilkan kulit akan berkurang.

6. Tidur dengan Wajah di Bantal

tidur menghadap bantal

Tidur dengan posisi tengkurap maupun muka di bantal dapat memicu timbulnya kerutan di wajah dan mempercepat proses penuaan. Posisi tidur seperti ini dapat menyebabkan kolagen yang terkandung dalam kulit berkurang dan membuat wajah kita tampak tua dari usia sebenarnya.

7. Minum dengan Sedotan

Meskipun minum dengan menggunakan sedotan akan menghindarkan gigi kita dari warna kekuningan, namun hal ini justru dapat menyebabkan timbulnya kerutan di sekitar mata. Sebaiknya gunakan gelas ketika Anda akan minum, agar factor pemicu penuaan dini dapat berkurang.(cr3/lya)