5 Hal Penyebab Wanita Cemburu

Cemburu
Ilustrasi
Cemburu
Ilustrasi

POJOKSATU.id, JAKARTA –  Sikap cemburu adalah tanda bahwa pasangan benar-benar mencintai kita. Sebagai lelaki yang baik, kalimat tersebut sangat perlu dipahami dan jangan sampai anda menyalahgunakan sikap tersebut.

Memang benar kalau menjalin hubungan dengan wanita itu gampang- gampang susah. Tetapi kepada siapa lagi kita menjalin hubungan kalau bukan dengan mereka. Untuk itulah anda perlu bijaksana dalam menangani masalah tersebut.

Wanita memang mahluk yang cukup sulit dimengerti kemauannya. Mereka juga kerap cemburu dan tidak segan- segan mengekspresikannya kepada pasangannya.

Namun, kadang para pria sulit menangkap apa penyebab wanita merasa cemburu. Maka, kenali beberapa penyebab cemburu pada wanita berikut ini.


1. Adanya teman wanita

Perempuan yang sudah menjalin hubungan dengan seorang pria sering merasa cemburu dengan teman- teman wanita si pria. Si wanita mungkin terlalu berlebihan dalam menanggapi tingkah laku si pria ketika mengobrol dengan teman wanitanya.

Si wanita bisa saja menaruh kecurigaan bahwa di masa lalu, pasangannya dan teman wanitanya ini pernah menjalin hubungan. Malangnya, si pria sering gagal menangkap gelagat ini. Akibatnya, wanita pun sering dibuat dongkol dan terbakar api cemburu.

“Cemburu adalah emosi dengan fungsi yang berguna. Hal ini membantu menjaga hubungan jangka panjang, yang pada gilirannya meningkatkan kelangsungan hidup dan reproduksi, biasanya secara teknis disebut adaptasi evolusioner, ” ujar psikoterapis Vinita Mehta, Ph.D., seperti dilansir laman Men’s Health.

2. Anda terlalu aktif di Facebook

Jaringan sosial seperti Facebook sering membuat pasangan anda cemburu, apalagi jika anda terlalu aktif di jejaring sosial tersebut, terutama jika anda mengomentari status teman wanita anda.

3. Mengomentari tubuh tetangga Anda

Memperhatikan bahwa tetangga baru anda kebetulan berada dalam kondisi sangat baik sebenarnya sah-sah saja jika anda melakukannya masih batas kewajaran.

Namun jika Anda jelas- jelas mengomentari kondisi fisisk si tetangga seperti ‘betapa hot bodynya’, tentu saja si dia akan merasa cemburu luar biasa dan jangan salahkan kekasih Anda jika dia menjadi lebih sensitif dan merasa terancam akan kehadiran tetangga baru Anda tersebut.

4. Kurangnya kepercayaan

Dalam menjalin hubungan, kepercayaan adalah kunci utama agar hubungan tetap awet dan harmonis. Tetapi bagi wanita, sulit memberikan kepercayaan kepada pria meskipun pria tersebut merupakan pasangannya sendiri.

Hal ini bisa dikarenakan pengalaman pernah dikecewakan di masa lalu. Akibatnya, sulit bagi wanita untuk memberikan kepercayaan pada pasangannya yang sekarang. Tidak heran jika perasaan cemburu pun akan lebih sering hinggap.

5. Membandingkan dengan wanita lain

Wanita paling benci jika Anda mulai membanding- bandingkan dirinya dengan wanita lain. Wanita hanya ingin Anda mengagumi dirinya bukan malah Anda mengagumi wanita lain dan mulai membandingkan dirinya denga wanita lain tersebut. (fny/jpnn)