Begini Cara Merawat Keindahan Gigi

gigit kuku, bau mulut, sakit gigi
ilustrasi

POJOKSATU.id, JAKARTA – Penampilan menarik dan mempesona, tidak hanya didapatkan dari bentuk tubuh dan kesehatan kulit yang sempurna, namun juga kesehatan gigi yang sempurna.

Deretan gigi putih bersih secara tidak langsung akan mendukung penampilan menjadi lebih menarik.

Tentu agak janggal jika penampilan tubuh dan kulit oke, tetapi mempunyai gigi yang patah pada bagian depan.

Agar gigi patah tidak menyebabkan gangguan penampilan, ada baiknya jika mengetahui cara merawat gigi patah agar kepercayaan diri kembali meningkat.


Menurut Konsultan Senior di Kedokteran Gigi dari Delhi berbasis Sri Balaji Action Medical Institute, Dr. Puneet Ahuja, ada beberapa hal yang dapat menyebabkan gigi gigi rusak dan patah.

1.Penyebab internal gigi rusak:

“Ada banyak alasan mengapa gigi anda rusak atau patah. Misalnya kekurangan kalsium dalam enamel, kekurangan matriks organik yang membuat gigi mudah rusak dan patah,” kata Ahuja, seperti dilansir laman Health Me Up, Senin (30/6).

2. Penyebab eksternal gigi rusak:

Penyebab eksternal untuk gigi rusak seperti kecelakaan, jatuh atau terlibat perkelahian.

Cara mencegah gigi patah menurut Dr. Ahuja.

1. Menjaga kebersihan mulut dan gigi serta makan makanan sehat yang kaya akan kalsium.

2. Makanan manis.

Hindari konsumsi makanan manis. Makanan lunak dan manis rawan menyebabkan terjadinya penumpukan plak pada gigi yang patah.

3. Makanan keras.

Hindari mengkonsumsi jenis makanan yang mempunyai struktur keras, seperti kacang kenari, kacang arab ataupun jagung arab serta beberapa jenis kacang-kacangan lainnya. Hindari juga konsumsi makanan yang memiliki cangkang yang harus dipecahkan seperti kepiting.(fny/jpnn/zul)