5 Jenis Masker Alami di Musim Kemarau

Masker Wajah
Ilustrasi
Masker Wajah
Ilustrasi

POJOKSATU.id, JAKARTA – Cuaca panas dan berdebu saat musim kemarau, bisa membuat kulit jadi kering dan kusam. Untuk meminimalkan gangguan tersebut, ada baiknya Anda menggunakan masker dari bahan-bahan alami.

Inilah 5 jenis masker alami yang bisa anda gunakan disaat musim kemarau:

1. Masker Anggur dan Madu

Anggur kaya kandungan antioksidan, sehingga bagus untuk membersihkan pori-pori dari debu dan minyak pada permukaan kulit. Anggur juga memiliki efek menyejukkan kulit. Sementara protein dalam madu sangat baik untuk memberikan nutrisi pada kulit wajah.


Ambil 5 – 6 anggur, bersihkan bijinya, kemudian tumbuk halus. Tambahkan dua sendok teh madu, aduk rata, kemudian oleskan pada wajah secara merata. Diamkan selama 25 – 30 menit, angkat masker, dan bilas dengan air hangat. Setelah itu, oleskan pelembap sesuai jenis kulit.

2. Masker Alpukat dan Wortel

Tidak hanya baik dikonsumsi, alpukat juga juga bisa langsung diaplikasikan pada kulit. Pun dengan wortel. Sayuran berwarna cerah itu memiliki kandungan vitamin A cukup tinggi.

Ambil setengah buah alpukat yang telah masak, tumbuk hingga halus. Tambahkan parutan wortel yang telah halus dan satu sendok teh minyak zaitun. Aduk-aduk hingga tercampur sempurna. Oleskan pada wajah, biarkan mengering selama 20 menit. Angkat dan bilas dengan air hangat.

3. Masker Mentimun dan Lemon

Kandungan air dalam mentimun cukup tinggi. Buah itu juga mampu menyegarkan kulit bila diaplikasikan langsung pada kulit. Sementara lemon memiliki kadar vitamin C yang cukup tinggi, sehingga mampu menangkal radikal bebas dari debu di musim kemarau.

Siapkan satu buah mentimun berukuran sedang, kupas, dan parut hingga halus. Tambahkan air perasan lemon dari setengah buah lemon. Aduk hingga tercampur rata, oleskan ke seluruh wajah. Diamkan selama 15 menit, kemudian bilas menggunakan air dingin.

4. Masker Kunyit

Kunyit merupakan antiseptik alami yang sangat ampuh untuk mengatasi jerawat serta menghilangkan noda hitam di wajah.

Bahan yang diperlukan adalah dua sendok teh bubuk kunyit, seperempat cangkir tepung beras, satu sendok teh minyak zaitun, dan air mawar secukupnya. Aduk semua bahan hingga tercampur rata. Kemudian, oleskan merata ke seluruh wajah. Biarkan mengering, kemudian bilas dengan air hangat.

5. Masker Yoghurt dan Bir

Kulit wajah merupakan bagian yang paling rentan terkena paparan sinar matahari pada musim kemarau, terutama kulit berminyak. Tapi, dengan masker yoghurt dan bir, kulit berminyak tetap segar di musim kemarau.

Siapkan tiga sendok makan yoghurt tanpa rasa ke dalam mangkuk, tambahkan satu sendok teh bir. Aduk rata, kemudian oleskan ke seluruh wajah hingga leher. Diamkan selama 15 menit. Bilas dengan air hangat hingga bersih, keringkan. Kemudian, bilas sekali lagi dengan air dingin untuk mengecilkan pori-pori. (bbs/ayun/nyata/zul)