5 Cara Bikin Indah Kaki

Kaki. Foto: Istimewa

POJOKSATU.id, JAKARTA – Latihan penguatan berikut bisa membuat paha dan kaki Anda menjadi indah hanya dalam waktu 14 hari. Yang membuatnya lebih efektif dari gerakan konvensional, Anda menggerakkan otot-otot anda sampai lelah (atau Anda tak mampu untuk mengulanginya lagi) ketika dihadapkan pada usaha keras untuk menyelesaikan sejumlah set tertentu. Tambahkan latihan ini pada rutinitas Anda untuk dua atau tiga kali seminggu.

1. Jongkok di dinding
Berdirilah sekitar 60 cm jauhnya dari sebuah dinding dengan kedua tangan di samping Anda. Duduklah seolah-olah anda hendak menduduki sebuah kursi sampai punggung anda mendatar berlawanan dengan tembok dan paha anda sejajar paralel dengan lantai. Tahan hingga kedua kaki anda capek.

2. Tekan bola
Berbaringlah pada punggung anda dengan kedua lutut ditekuk, kaki rata dengan tanah. Letakkan sebuah bola berdiameter 15 cm diantara kedua lutut Anda. Dengan menggunakan otot paha bagian dalam Anda, tekanlah bola tersebut dalam tujuh kali hitungan, dan kemudian Anda lepaskan dalam tiga hitungan. Ulangi, tanpa memberi jeda diantaranya, hingga kaki anda capek.

3. Peregangan lutut
Duduklah di sebuah kursi dengan beban seberat 1,5-2,5 kilo di pergelangan kaki kanan Anda. Ambil 10 hitungan untuk menaikkan beban di depan Anda hingga kaki kanan Anda lurus, lalu hitung 10 hitungan untuk menurunkannya pada posisi awal. Ulangi, tanpa beristirahat diantaranuya, hingga kaki anda tak tahan lagi, kemudian ganti kaki berikutnya.


4. Mengangkat kaki
Berbaringlah pada sisi kanan anda dengan kedua kaki lurus dan sejajar dengan tubuh Anda, satu pinggul diatas yang lain. Ambil 10 hitungan untuk menaikkan kaki kiri anda setinggi mungkin tanpa menekuknya. Ketika Anda mulai merasa tak bisa lebih tinggi lagi, berhenti sejenak, lalu angkat satu dua inchi. Kemudian, ambil 10 hitungan untuk menurunkan kaki pada posisi semula. Ulangi, tanpa berhenti diantaranya, hingga kedua kaki anda capek, baru kemudian ganti kaki yang lainnya.

5. Menekuk urat-urat lutut
Berdirilah dengan pinggul kaki sejauh mungkin, Memegang 1,5-2,5 kg beban di setiap tangan. Usahakan agar punggung dan lutut Anda lurus, bungkuk ke depan dan cobalah untuk menyentuhkan buku jari Anda ke lantai. Ambil 10 hitungan untuk meraih posisi ini, kemudian 10 hitungan lagi untuk kembali ke posisi awal. Ulangi hingga bagian belakang paha (urat-urat lutut) Anda Capek. (het/nyata/zul)