4 Cara Membuat Kulit Lembut

Ilustrasi tangan

POJOKSATU.id, JAKARTA – Ketika kulit kita terkena sinar matahari, maka radiasi sinar ultraviolet-lah yang menyebabkan kerusakan parah pada kulit. Jaringan ikat kulit kehilangan kekuatan alami dan fleksibilitas. Akibatnya, kulit menjadi kendur dan keriput muncul pada mereka.
Bintik matahari, bintik-bintik, perubahan warna kulit, kulit kasar, kulit kering adalah gejala lain dari kerusakan akibat sinar matahari di wajah.

Biasanya, tanda-tanda kulit yang rusak akibat paparan sinar matahari tidak terlihat segera. Kulit yang rusak akan terlihat setelah beberapa waktu.

Berikut adalah beberapa cara untuk melindungi kulit anda dari sinar matahari:

1. Kenakan tabir surya


“Menggunakan tabir surya setiap hari bersama dengan pelembab, tidak hanya melindungi kulit dari kerusakan lebih lanjut tetapi juga memungkinkan jaringan kulit sembuh dengan sendirinya,” kata dokter kulit Dr. Ellen Marmur, seperti dilansir laman Fox News.

Carilah tabir surya yang mengandung SPF 30 hingga 50, tahan air atau keringat selama 40 sampai 80 menit dan mengandung zinc oxide atau titanium dioxide.

2. Antioksidan

Antioksidan bekerja untuk menetralisir radikal bebas yang disebabkan oleh sinar ultraviolet dan dapat membantu untuk membalikkan kerusakan akibat sinar matahari. Krim topikal dan lotion dengan antioksidan seperti vitamin C , E dan resveratrol adalah pilihan yang baik.

Makan makanan yang kaya antioksidan yang ditemukan dalam blueberry, tomat, teh hijau dan anggur merah juga dapat membantu meskipun tidak jelas seberapa efektif itu.

3. Exfoliating

Exfoliating atau scrubs mampu menghilangkan sel kulit mati. Namun sebaiknya anda harus berkonsultasi dengan dokter anda mengenai seberapa sering anda bisa melakukan hal ini.

4. Lakukan screening

Untuk mencegah anda terkena kanker kulit atau melanoma, sebaiknya lakukan screening setelah usia anda 18 tahun. Melakukan tindakan pencegahan jauh lebih baik bukan?(fny/jpnn/zul)