Ini 9 Makanan Penyubur Rambut

Makanan Penyubur Rambut
Ilustrasi
Makanan Penyubur Rambut
Ilustrasi

POJOKSATU.id, JAKARTA – Tahukah Anda, perawatan rambut dari luar saja ternyata tidak cukup untuk membuat rambut sehat dan indah berkilau. Yang lebih penting adalah memperoleh kecukupan asupan makanan bergizi yang mampu menutrisi rambut. Apa sajakah makanan itu?

1. Ikan Salmon
Ikan salmon adalah sumber protein kualitas tinggi yang kaya akan asam lemak esensial omega-3, zat besi, dan vitamin B12. Bila tidak suka ikan salmon, karena mengikuti diet vegetarian, Anda bisa mengganti ikan ini dengan mengonsumsi 1 atau 2 sendok teh biji rami giling setiap hari untuk memperoleh kecukupan asupan asam lemak esensial omega-3.

2. Sayuran Hijau Tua
Sayuran hijau tua, seperti bayam, brokoli, dan lobak Swiss adalah sumber yang kaya akan vitamin A dan C yang dibutuhkan tubuh untuk memroduksi sebum (minyak kulit). Minyak yang disekresikan oleh folikel-folikel (kantung) rambut itu adalah kondisioner alami untuk rambut.

3. Tumbuhan Polong
Tumbuhan polong, seperti buncis dan kacang merah harus menjadi bagian penting dari diet perawatan rambut. Sebab, tumbuhan polong bukan hanya kaya akan protein, tetapi juga mengandung banyak zat besi, seng, dan biotin, yang baik untuk pertumbuhan rambut.


4. Daging Unggas
Daging unggas seperti ayam dan kalkun mengandung protein hewani kualitas tinggi yang bisa membantu memberi Anda rambut yang sehat nan kemilau.

5. Telur
Telur merupakan salah satu sumber protein terbaik bagi kesehatan tubuh, termasuk juga rambut. Telur juga mengandung biotin dan vitamin B-12, yang merupakan nutrisi kecantikan yang sangat penting.

6. Gandum-ganduman Utuh
Makanan yang dibuat dari gandum-ganduman utuh, seperti roti dan sereal sarapan yang difortifikasi, mengandung banyak zat nutrisi yang baik bagi kesehatan rambut seperti zat besi, seng, dan vitamin-vitamin B.

7. Tiram
Tiram mungkin lebih dikenal sebagai salah satu aphrodisiac, alias makanan pembangkit birahi. Namun, sebenarnya tiram juga merupakan makanan yang baik untuk kesehatan rambut, karena mengandung banyak seng kualitas tinggi yang diakui sebagai antioksidan yang ampuh. Jika Anda tidak menyukai tiram, bisa menggantinya dengan daging sapi dan domba.

8. Produk-Produk Susu Rendah-Lemak
Produk-produk susu rendah-lemak seperti susu skim dan yoghurt merupakan sumber yang baik untuk kalsium, jenis mineral yang penting bagi pertumbuhan rambut.

Manfaat susu skim dan yogurt bagi rambut bahkan akan meningkat jika Anda bubuhi dengan beberapa sendok serbuk biji rami atau walnut cincang, karena kandungan seng dan asam lemak omega-3 kedua macam makanan ini.

9. Wortel
Wortel adalah sumber yang kaya akan vitamin A yang baik bagi kesehatan kulit kepala serta mata. Kulit kepala yang sehat sangat penting untuk memperoleh rambut yang halus berkilau. (Lutfi/bbs/nyata/zul)