Beginilah Keseruan Kampung Global Gunia Maya

Kampung Dunia Maya
Kampung Dunia Maya
Kampung Dunia Maya
Ilustrasi. Kampung Dunia Maya

POJOKSATU.id, JAKARTA – Gadget tak bisa lepas dari kehidupan anak muda masa kini, terutama sebagai sarana untuk mengakses internet. Laman kominfo.go.id bahkan menulis, Indonesia masuk peringkat ke-8 dunia, dengan jumlah pengguna mencapai 82juta orang pada 2014.

Dari jumlah itu, hampir 95 persennya menggunakan internet sebagai ajang eksis di jejaring sosial. Pun 80 persen penggunanya berasal dari kalangan remaja usia 15-19 tahun.

Fenomena sosial ini memang didukung oleh kultur masyarakat Indonesia yang pada dasarnya senang berkumpul.

“Masyarakat kita juga cenderung haus terhadap hal-hal yang baru,” tutur CEO PT Merah Cipta Media (MCM), Ketua Penyelenggara Social Media Week 2015, Antonny Liem seperti dikutip melalui JPNN (Grup pojoksatu.id)


Hanya saja, Antonny dalam laman tersebut menambahkan, kebanyakan orang secara umum masih menggunakan jejaring sosial untuk hal-hal yang bersifat nonproduktif.

Padahal, media sosial dan teknologi bisa menjadi pengubah cara manusia berinteraksi dan berkarya secara positif, hingga mengubah opini publik dan kebijakan pemerintah.

Di sisi lain, sosiolog UI, Dr Ir Fu Xie berpendapat, ternyata internet dan media sosial juga bisa membentuk global village di dunia maya. Artinya, orang-orang akan cenderung lebih dekat secara ‘maya’ dibandingkan di kehidupan nyata.

“Layaknya hidup di desa. Internet dan jejaring sosial membuat orang mudah mengetahui kegiatan orang lain. Misalnya lewat update status,” ujarnya.

Tatap layar memang menggeser tatap muka, orang-orang cenderung lebih senang bercengkerama di dunia maya. Namun, tak bisa dimungkiri, internet dan jejaring sosial memang memiliki banyak kegunaan. Mulai google sebagai ahli tafsir masa kini, hingga situs ajang penambah teman sekaligus berbisnis.

“Intinya, network-nya. Bisa digunakan untuk banyak hal, bukan cuma media sosial saja. Kegiatan politik, ekonomi, hubungan kekeluargaan, agama, sosial bisa lebih mudah dan lancar jika menggunakan media atau network tersebut,” pungkasnya. (fauziyyah/zul)