4 Makanan Penyebab Jerawat

Kopi Hitam
Kopi Hitam

POJOKSATU.id, JAKARTA – Selain faktor higienis yang tidak baik, munculnya jerawat juga bisa disebabkan oleh diet atau pola makan yang salah. Karena itu, cara terbaik mengatasi problem jerawat adalah dengan mengubah diet dan menghindari makanan-makanan penyebab jerawat.

Berikut ini beberapa makanan yang dapat menyebabkan munculnya jerawat:

1. Gula

Konsumsi gula yang berlebih tidak hanya buruk bagi tubuh. Tapi, juga berdampak merusak kulit. Ketika gula dikonsumsi secara berlebih, gula bisa menuakan kulit. Gula juga bisa menyebabkan mata sembab. Jadi, kurangilah asupan gula dan tingkatkan konsumsi air.


2. Cokelat
Cokelat hanya boleh dikonsumsi sesekali saja, karena diet Anda secara keseluruhan pasti bisa mempengaruhi kualitas tampilan kulit, kendati satu makanan tertentu saja mungkin tidak bisa menjadi pemicu jerawat.

3. Kopi dan Soda
Minum kopi dan soda secara berlebih juga bisa menyebabkan jerawat. Karena sebagian besar penggemar berat soda adalah remaja, yang secara alami adalah kelompok usia yang sangat rentan problem perubahan hormon, remajalah yang cenderung paling rentan terhadap problem kulit, termasuk juga jerawat.

4. Makanan Gorengan
Makanan yang mengandung asam-asam lemak-trans, seperti susu, produk-produk susu, margarin, shortening, dan minyak sayur lain yang dihidrogenasi secara sintetis, serta makanan gorengan, harus dihindari karena mengandung lemak yang harus dihindari.
Minyak zaitun baik untuk dikonsumsi, karena menyediakan sejumlah kecil asam lemak esensial. Minyak ini juga mengandung asam oleat yang membantu sel-sel tubuh kita menyerap asam lemak esensial secara lebih efisien. (Lutfi/bbs/nyata/zul)