Tips Menjaga Agar Hubungan Dengan Pasangan Tetap Harmonis

Ilustrasi. Foto: net
Ilustrasi. Foto: net
Ilustrasi. Foto: net

POJOKSATU.id – Hubungan yang harmonis menjadi kunci kebahagiaan pasangan dalam berkeluarga. Banyaknya pasangan menikah yang kemudian bercerai, menunjukkan bahwa berkomitmen dalam sebuah hubungan itu bukan hal yang mudah.

Berikut ini ada beberapa tips yang bisa diterapkan bersama pasangan, agar kehidupan rumah tangga tetap bahagia sampai tua nanti, seperti dilansir American Psychological Association, Rabu (18/3).

1. Keterbukaan

Komunikasi adalah kunci utama dalam sebuah hubungan. Pasangan yang baik harus selalu meluangkan waktu berdua untuk berkomunikasi, hal ini sangat penting bagi kelangsungan hubungan rumah tangga. Meskipun hal sepele, bicarakanlah dengan pasangan.


Ketidakcocokan dalam satu hal memang menjadi hal yang wajar dalam sebuah hubungan, tentunya ini harus dicarikan solusi untuk menyelesaikan perbedaan pendapat dengan pasangan. Tak perlu dengan cara yang kaku, bisa menggunakan lelucon agar suasana menjadi cair.

2. Ciptakan Suasana Romantis

Sebuah studi menunjukkan, bahwa pasangan yang mengalami kebosanan dalam hubungan rumah tangga ternyata telah merasa jenuh sejak tahun ke empat pernikahannya. Agar hubungan dengan pasangan tetap hangat, ciptakan suasana romantis bersama pasangan.

Misalnya dengan merencanakan kencan, makan malam berdua, nonton film, maupun hal lain yang sekiranya dapat membuat Anda dan pasangan mengingat kembali masa-masa romantis saat masih berpacaran.

3. Melibatkan Pihak Luar

Setiap hubungan pasti pernah mengalami pasang surut, tak perlu khawatir. Hal ini memang bumbunya kehidupan rumah tangga. Biasanya yang sering menimbulkan konflik yakni masalah keuangan. Bahkan suatu pertengkaran bisa terjadi berulang-ulang dengan masalah yang sama.

Untuk hal ini, mungkin bisa meminta bantuan pihak luar (baik orang tua maupun psikolog) untuk menengahi ketegangan yang terjadi dengan pasangan. Komunikasi yang baik, mendegarkan keluh kesah pasangan, dan menyelesaikan masalah dengan cara yang tepat, menjadi cara yang sangat efektif untuk meminimalisir terjadinya perceraian.(cr3/lya)