Ini Manfaat Daun Kari atau Curry Leaves yang Jarang Diketahui

Daun kari. Foto: net
Daun kari. Foto: net
Daun kari. Foto: net

POJOKSATU.id – Curry leaves, atau di Indonesia biasa dikenal dengan salam koja, atau daun kari adalah tumbuhan yang daunnya biasa digunakan sebagai penyedap kari. Di India, daun ini dikenal dengan nama ‘kadi patta’. Salam koja ini bisa digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan anemia, diabetes, dan gangguan pencernaan.

Daun kari ini memiliki manfaat yang beragam, karena selain rasanya yang sedap, daun kari mengandung banyak vitamin A, kalsium, dan asam folat yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit ringan. Bagi yang baru tahu atau yang sudah mengetahui akan daun ini, ternyata daun kari mempunyai banyak khasiat, yang mungkin belum banyak diketahui.

Ini beberapa manfaat atau khasiat dari daun kari yang baik untuk kesehatan,seperti dilansir Zee News India, Selasa (17/3).

1. Mencegah anemia


Kandungan asam folat dan zat besi yang terdapat dalam daun kari ternyata dapat mencegah anemia. Karenanya bagi yang sering mengalami anemia atau kekurangan darah merah, bisa coba konsumsi daun kari ini.

2. Mencegah terjadinya infeksi dan memperbaiki sistem pencernaan

Khasiat lain yang terkandung dari daun kari yakni, dapat mencegah terjadinya infesksi. Bukan itu saja, daun ini juga bisa memperbaiki sistem pencernaan.

3. Mengontrol kadar gula dalam darah

Manfaat daun kari satu ini mungkin maish banyak yang belum mengetahuinya. Ternyata, si daun ajaib ini dapat  mengontrol kadar gula dalam darah. Itu karena di dalam daun kari terdapat kandungan zat anti-diabetics.

4. Menangkal radikal bebas

Terakhir, daun kari mengandung zat antioksidan dan antibakteri yang dapat menangkal radikal bebas yang berakibat buruk pada kulit, mencegah rambut rontok, dan memperlambat pertumbuhan uban pada rambut.(cr3/lya)